News
Selasa, 1 Oktober 2013 - 03:33 WIB

SBY Tegaskan Posisi Papua Kepada Abbott

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri (PM) Australia Tony Abbott. (JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan bahwa Papua adalah bagian integral dari kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Indonesia mengambil tanggung jawab penuh untuk mengatasi masalah di Papua.

Hal itu ditegaskan Kepala Negara di hadapan Perdana Menteri Australia Tony Abbott saat melakukan keterangan pers bersama seusai melakukan pertemuan bilateral di Istana Merdeka, Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (30/9/2013). “Saya sampaikan kepada PM Australia bahwa kebijakan Indonesia untuk mengelola Papua sudah sangat jelas,” ujar SBY.

Advertisement

Dalam mengelola Papua, ujarnya, Indonesia mengutamakan pendekatan kesejahteraan, keadilan, dan demokrasi. Sebagai contoh, ujarnya, Papua adalah wilayah dengan biaya pembangunan per kapita tertinggi di seluruh Indonesia. Namun demikian, Kepala Negara mengakui tentu ada ada masalah struktural, masalah lokal, yang harus dikelola dengan baik.

“Negara Indonesia adalah negara demokrasi. Masalah-masalah ekspresi yang ada di Papua itu bagian dari demokrasi. Tetapi satu hal, Papua adalah bagian integral dari negara RI. Kedaulatan RI mencakup Papua, dan itulah keutuhan teritorial Indonesia,” ujarnya.

“Saya berterima kasih dan saya senang, Australia juga menghormati kedaulatan kami dan ikut berkontribusi untuk mengatasi masalah-masalah ini dengan baik,” imbuhnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif