Soloraya
Minggu, 29 September 2013 - 10:57 WIB

WONOGIRI Raih Wahana Tata Nugraha

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gapura Wonogiri (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, WONOGIRI –Di tahun ketiga mengikuti penilaian Wahana Tata Nugraha (WTN), akhirnya Kabupaten Wonogiri mendapat piala untuk kategori kota kecil dengan tata kelola lalu-lintas terbaik. Sebelumnya, Wonogiri hanya mendapat plakat dan piagam.

Prestasi tersebut diungkapkan Kepala Bidang Angkutan dan Lalu-lintas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Wonogiri, E. Suwargiyanto, saat dihubungi Solopos.com, Jumat (27/9/2013). Selain Wonogiri, juga ada beberapa daerah di Soloraya yang juga mendapatkan piala WTN.

Advertisement

“Selain Wonogiri, untuk kategori kota kecil dengan tata kelola lalu-lintas terbaik juga diperoleh Kabupaten Sragen, Karanganyar, dan Boyolali. Sedangkan untuk kategori kota sedang diperoleh Kabupaten Klaten. Provinsi Jawa Tengah juga memperoleh Piala Wirata sebagai provinsi dengan kabupaten peraih penghargaan WTN terbanyak,” katanya.

Sementara, menurut daftar penerima WTN yang ia terima dari Kementerian Perhubungan, Kota Solo malah tidak tercantum sebagai penerima penghargaan baik dalam bidang lalu lintas maupun angkutan. Padahal, sebelumnya, Kota Solo menjadi langganan penerima WTN.

“Acara penerimaan piala WTN akan dilaksanakan di Surabaya pada 3 Oktober. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Perhubungan. Rencananya, Bupati, Kapolres dan Kepala Dishubkominfo yang berangkat ke Surabaya,” ujarnya.

Advertisement

Terkait hal yang menjadi unggulan Kabupaten Wonogiri sehingga memperoleh piala WTN, ia mengaku tidak tahu. Sebab, semua kewenangan penilaian berada di pemerintah pusat. Pihaknya hanya berupaya memaksimalkan sejumlah hal di antaranya terminal, rambu-rambu lalu lintas, serta pengaturan parkir.

“Kami bersyukur bisa mendapat piala WTN. Ini merupakan prestasi yang patut dibanggakan dan kami terus berupaya bagaimana mempertahankannya. Sebab, pada 2011 kami hanya mendapat plakat dan pada 2012 memperoleh plakat serta sertifikat,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala Dishubkominfo Wonogiri, Ismiyanto, menyatakan belum ada rencana syukuran seperti kirab untuk merayakan prestasi tersebut. “Saat ini, kami belum sempat merencanakan perayaan khusus untuk prestasi itu. Hanya, memang akan ada acara kecil-kecilan dari internal kami untuk merayakan itu sekaligus dalam rangka HUT [hari ulang tahun] Perhubungan,” katanya singkat saat dihubungi Solopos.com, Jumat.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif