Lifestyle
Rabu, 25 September 2013 - 23:55 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Fitness Bikin Badan Sehat, Job Bisa Pula Didapat

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kesibukan dan rasa capai bukan alasan untuk tak berolahraga. Ada banyak olahraga bisa dipilih untuk menjaga tubuh tetap bugar misalnya lari atau ikut fitness. (Wahyu Sulistiyawan/JIBI/ Bisnis)

Solopos.com, SOLO — Kesibukan dan rasa capai mestinya bukan alasan tak mau berolahraga. Olahraga yang dikemas tepat bahkan bukan bermanfaat membuat badan segar tetapi bisa pula mendatangkan laba. “Fitness itu tak hanya bikin badan segar tapi juga bikin hidup makin tenteram,” ujar make up artist, Erlienyani, Senin (23/9/2013).

Tentu saja ada penyebabnya, sambung Erlie. Saat fitness di Hotel Ibis yang dia lakukan setiap hari, Erlie bertemu dengan orang-orang dengan pelbagai latar belakang serta profesi. Saat itulah tak hanya badan sehat dia dapat, namun daftar teman pun menjadi bertambah.

Advertisement

“Saat ngobrol di sela-sela latihan fitness itu kan biasanya saling tanya profesi atau kesibukannya apa. Nah, saat-saat inilah yang kadang bikin saya kebanjiran job. Pokoknya hidup makin tenteram. Agak gawat juga ya, saat olahraga saja masih kepikiran pekerjaan,” ujarnya sambil terkekeh lagi.

Kalaupun tak serta merta mendatangkan job, menambah jaringan pertemanan adalah salah satu manfaat olahraga yang juga dirasakan PR Manager The Sunan Hotel Solo, Retno Wulandari. Bertemu orang-orang baru di suasana selain suasana kerja menurutnya adalah keasyikan tersendiri.

“Meski saat ini saya sedang latihan fitness tapi saya pribadi sebenarnya lebih suka dengan yoga. Apa ya sebabnya? Mungkin karena yoga bikin pikiran tenang,” kata dia.

Advertisement

Retno menambahkan, dibandingkan fitness, gerakan yoga memang lebih sedikit lamban. Namun meski gerakannya sedikit tenaga yang dikeluarkan sama-sama banyaknya. “Intinya yoga memang mengatur pernafasan. Lagipula olahraga ini kan bisa dilakukan di mana saja, tinggal siapkan matras, hidupkan TV, jadi deh. Begitu musik terdengar, langsung rileks dengan keringat bercucuran,” tambahnya.

Mengingat usianya yang makin bertambah, Retno mengaku memang sangat membutuhkan olahraga supaya badan tetap sehat. “Saat makin matang, metabolisme tubuh kan tidak sebaik saat muda. Jelas butuh olahraga apabila ingin badan ingin tetap kencang dan ideal. Dengan rutin olahraga, untungnya banyak orang yang bilang bahwa tubuh saya tidak membesar dan relatif sama seperti muda dulu,” ujarnya.

Selain menjaga tubuh, Retno menambahkan, olahraga juga membuatnya tetap segar sepanjang waktu. Sebaliknya saat absen olahraga, badannya menjadi cepat mudah sakit dan lelah.

Advertisement

“Pernah selama dua tahun saya tidak ikut olahraga apapun. Hasilnya, saya lebih mudah sakit terutama flu. Cepat sekali terserang flu kala itu. Iya, masuk angin juga. Jadinya memang lebih baik olahraga supaya tetap sehat,” tambah dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif