Sport
Selasa, 24 September 2013 - 11:00 WIB

Wawancara Indra Sjafri : Tim Indonesia U-19 Sebenarnya Masih Labil

Redaksi Solopos.com  /  Yusmei Sawitri  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, memberikan instruksi kepada anak asuhnya dalam sesi latihan di Stadion Jenggolo, Sidoarjo, Jatim, beberapa waktu lalu.

Publik Indonesia bersuka cita ketika Timnas U-19 mengakhiri dahaga gelar selama 22 tahun dengan menjuarai Piala AFF U-19, Minggu (22/9) malam. Apakah kunci sukses Evan Dimas Darmono dkk?. Berikut petikan wawancara singkat wartawan Solopos, Imam Yuda Saputra (T) dengan Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri (J), melalui sambungan telepon dan rangkuman dari berbagai sumber, Senin (23/9) malam.

T : Halo coach, selamat atas kemenangan timnya meraih juara AFF U-19. Sebelum gelaran Piala AFF U-19, apakah Anda sudah yakin tim ini akan meraih juara?

Advertisement

J : Ya, saya yakin. Firasat saya mengatakan bahwa tim ini akan juara.

T : Tim ini sangat solid. Bagaimanakah Anda membentuk tim ini dan kriteria perekrutannya?

Advertisement

T : Tim ini sangat solid. Bagaimanakah Anda membentuk tim ini dan kriteria perekrutannya?

J : Pembentukan kami awali dari proses seleksi di beberapa daerah. Selain itu kami juga melakukan beberapa laga eksibisi ke beberapa tempat untuk menjaring para pemain yang memenuhi kriteria. Awalnya ada 96 pemain, namun terus mengerucut. Pertama, kami rampingkan menjadi 35 pemain, kemudian pada akhirnya hanya 20 pemain yang kami daftarkan ke AFF. Sebanyak 20 pemain yang kami ambil merupakan pemain yang memenuhi kriteria. Mereka memiliki kemampuan bagus dan daya juang tinggi. Selain itu, skill dan taktikal yang bagus.

* Indra Sjafri memang terkenal gigih dalam menjaring pemain untuk Timnas U-19. Eks pemain PSP Padang ini bahkan bersedia mengunjungi berbagai daerah di Indonesia hanya untuk melihat bibit muda secara langsung. Indra Sjafri menilai selama ini pemandu bakat dari PSSI tidak terjun sampai ke daerah-daerah kecil sehingga bakat terpendam tidak semuanya terpantau. Sejauh ini setidaknya sudah 43 daerah yang dikunjungi oleh Indra Sjafri sejak dirinya ditunjuk sebagai pelatih timnas pada tahun 2011 oleh PSSI.

Advertisement

J : Kebanyakan di daerah-daerah [coach Indra enggan menyebutkan nama daerahnya]

T :Filosofi sepak bola seperti apakah yang Anda sukai? Apakah filosofi itu sudah Anda terapkan dalam permainan timnas U-19?

J : Filosofi permainan saya simple. Yang penting dalam permainan harus menguasai bola atau ball possession. Karena kalau tidak mendapatkan bola, bagaimana bisa menang. Saya suka dengan tim Barcelona, makanya saya ingin tim saya bermain seperti itu. Filosofi ini sudah saya terapkan ke tim. Namun, masih jauh dari harapan. Mereka masih muda, usianya antara 16-18 tahun, jadi sebenarnya masih labil dan belum konsisten. Masih perlu adanya evaluasi.

Advertisement

T : Stamina para pemain U-19 cukup mengesankan. Banyak yang bilang stamina Evan Dimas cs lebih bagus dibanding Timnas Senior atau Timnas U-23?

J : Mereka memang memiliki stamina bagus. Bahkan VO2Max rata-rata pemain tergolong cukup tinggi. Rata-rata pemain memiliki VO2Max hingga 55 [tergolong superior bagi pemain berusia 13-19 tahun]. Bahkan ada satu anak yang VO2Max hingga 60, yakni Evan Dimas [sang kapten].

T : Apa yang terjadi di ruang ganti setelah kemenangan kemarin? Ada rencana mengadakan pesta kemenangan dengan para pemain, staf atau suporter?

Advertisement

J : Semua larut dalam kemenangan. Ada beberapa pemain yang terharu dan seakan tak percaya dengan prestasi ini. Kami semua merasa gembira. Pesta kemenangan bersama para pemain dan staf sudah kami gelar tadi malam [Minggu malam, sesaat setelah pertandingan] di hotel tempat tim menginap.

T : Terkait rencana ke depan coach, ada kabar kontrak Anda di timnas sudah habis setelah Piala AFF U-19 ini. Apakah Anda masih ingin mengarsiteki tim ini atau malah sudah ada tawaran dari klub ISL [Indonesia Super League]?

J : Saya masih ingin menangani tim ini. Kontrak saya kemungkinan akan diperpanjang. Sudah ada kepastian, walau belum secara resmi. Saya sudah diberi tahu semalam oleh Bapak Ketua PSSI [Djohar Arifin Husein] kalau kontrak saya akan dilanjutkan.  Untuk tim ISL, belum ada yang mau saya. Saya enggak laku buat mereka.

*Kontrak Indra Sjafri untuk menangani Timnas U-19 diperpanjang hingga SEA Games 2017. Evan Dimas cs diproyeksikan untuk memperkuat Timnas Indonesia pada ajang SEA Games 2017.

T : Apa harapan Anda setelah berhasil menjuarai Piala AFF U-19 ini?

J : Saya sangat senang bisa memenuhi target yang dibebankan federasi [PSSI]. Ini menjadi momentum yang bagus bagi sepakbola Indonesia agar lebih berprestasi. *

* = dirangkum dari berbagai sumber

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif