Soloraya
Selasa, 24 September 2013 - 21:45 WIB

PILKADA KARANGANYAR : PPK Mulai Serahkan Rekap Suara ke KPU

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Antara)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Antara)

Solopos.com, KARANGANYAR — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar akan menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan  perolehan suara pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Karanganyar pada Jumat (27/9/2013).

Advertisement

Saat ini, beberapa Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) telah menyerahkan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara ke KPU Karanganyar.

Ketua KPU Karanganyar, Sri Handoko Budi Nugroho, mengatakan sesuai jadwal tahapan Pilkada Karanganyar, penyerahan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dari PPK ke KPU dilaksanakan selama tiga hari mulai 24-26 September.

Saat ini, pihaknya baru menerima sebagian rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dari sejumlah PPK antara lain Jaten, Tasikmadu, Kebakkramat, Karanganyar dan Kerjo.

Advertisement

“Hingga pukul 12.00 WIB, baru lima PPK yang menyerahkan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara. Kami masih menunggu hingga Kamis mendatang,” ujarnya saat ditemui wartawan, Selasa (24/9/2013).

Selanjutnya, pihaknya akan menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada Karanganyar. Setelah melaksanakan rekapitulasi hasil penghitungan suara, pihaknya akan menunggu pihak-pihak yang keberatan atas rekapitulasi hasil penghitungan suara selama tiga hari. Bila tak ada pasangan calon yang mengajukan gugatan sengketa Pilkada ke Mahkamah Konsitusi (MK) maka hasil penghitungan suara akan ditetapkan.

Menurutnya, penyelenggaraan pesta demokrasi terbesar di Bumi Intanpari cukup lancar. Iklim demokrasi dibangun secara nyata.

Advertisement

“Tak ada permasalahan mendasar, mulai dari pelaksanaan pemungutan suara hingga proses rekapitulasi dari tingkat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) hingga PPK. Proses demokrasi dibangun oleh masyarakat sendiri,” jelasnya.

Pejabat Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Karanganyar, Kustawa Esye, menjelaskan pihaknya belum menentukan lokasi rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara. Namun, kemungkinan besar bakal digelar di DPRD Karanganyar dengan mempertimbangkan faktor keamanan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif