News
Senin, 23 September 2013 - 19:30 WIB

KESELAMATAN KERJA : Jamsostek : Per Hari 6 Orang Alami Kecelakaan Kerja

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Data Jamsostek hingga Agustus menunjukkan dalam sehari terdapat sekitar 6 kecelakaan kerja di Solo. Namun sekitar 70% merupakan kecelakaan yang terjadi di jalan raya.

Pjs Kepala Bidang Pemasaran Formal PT. Jamsostek Cabang Solo, Multanti, mengatakan kecelakaan yang terjadi di tempat kerja menurun jika dibandingkan sebelumnya karena adanya program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Wanita yang akrab disapa Tanti ini mengatakan jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya terjadi penurunan kasus kecelakaan kerja sekitar 112 kasus, yakni dari 1.688 menjadi 1.576.

Advertisement

“Kalau kecelakaan di tempat kerja biasanya di pabrik tekstil atau garmen karena biasanya mengoperasikan mesin seperti pemintal dan alat jahit,” ungkap Tanti saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (23/9/2013).

Sedangkan total klaim yang dibayarkan hingga Agustus sebanyak Rp82,5 miliar. Pembayaran klaim tersebut untuk Jaminan Kecelakaan Kerja (Rp4,6 miliar), Jaminan Kematian (Rp3,1 miliar), Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (Rp8,3 miliar), dan Jaminan Hari Tua (Rp65,4 miliar).

Sementara itu, ditempat terpisah, PT. Jamsostek Cabang Semarang I memberikan santunan kepada keluarga peserta yang telah meninggal di Perumahan Fajar Indah.
Pada kesempatan itu, Kepala Cabang PT Jamsostek Semarang 1, Ninuk Tri Hatmani, mengatakan menyerahkan santunan untuk dua ahli waris golongan satu (anak kandung).

Advertisement

Dia mengatakan penyerahan dilakukan secara langsung karena diberikan karena ahli waris ada dua. Padahal berdasarkan aturan pengiriman santunan atau klaim harus diserahkan melalui satu rekening.

“Kami sering menemui ahli waris yang berada di bawah umur tapi kasus ini unik karena ada dua ahli waris dan semuanya masih berada di bawah umur,” tutur Nunik.

Asiska Riviyastuti/JIBI/Solopos

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif