News
Minggu, 22 September 2013 - 21:15 WIB

KURIKULUM 2013 : 42 Guru SMP Sasaran Jalani ToT

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto Ilustrasi

Ilustrasi

Solopos.com, SOLO — Sedikitnya 42 guru dari 14 SMP yang menjadi sekolah sasaran pelaksanaan Kurikulum 2013 menjalani training of trainer (TOT) pada akhir bulan ini dengan jadwal berbeda.

Advertisement

Sebanyak 42 guru tersebut terdiri atas guru tiga mata pelajaran (mapel) yakni Matematika, IPA dan Bahasa Inggris.

Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) SMP Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Waliyono, mengatakan dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah, Kota Solo mendapat waktu pelatihan akhir September.

Menurutnya, dari 42 guru tersebut akan dibagi menjadi tiga rombongan belajar (rombel) sesuai mapel. Rombel guru mapel Matematika bakal mengikuti TOT pada 24-28 September di Hotel Riyadi Palace Solo sementara rombel guru mapel IPA di Hotel Indah Palace Solo pada waktu yang sama. Sedangkan rombel guru mapel Bahasa Inggris mengikuti TOT di Hotel Muria Semarang pada 26-30 September mendatang.

Advertisement

“Ada 42 guru dari 14 SMP yang mengikuti TOT periode kedua. Memang baru tiga guru dari masing-masng sekolah, pelatihan TOT bagi guru mapel lain di 14 sekolah itu akan dilakukan secara bertahap,” terangnya saat dijumpai Solopos.com di ruang kerjanya, Sabtu (21/9/2013).

Sebagai persiapan, lanjutnya, 42 guru tersebut dimohon membawa materi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sesuai mapel masing-masing dan dokumen pembelajaran KTSP. Nantinya, mereka bakal mendapatkan materi tentang penerapan Kurikulum 2013 sesuai dengan masing-masing bidang studi.

Waliyono menambahkan, 14 SMP Sasaran itu merupakan sekolah yang mengajukan diri untuk menerapkan Kurikulum 2013 dari 30 SMP yang masuk kriteria.

Advertisement

Diketahui, 14 SMP yang menjadi sekolah sasaran penerapan Kurikulum 2013 yakni SMPN 2, SMPN 3, SMPN 5, SMPN 7, SMPN 8, SMPN 9, SMPN 27, SMP Muhammadiyah 1, SMP Muhammadiyah 5, SMP Muhammadiyah 7, SMP Widya Wacana, SMP Pangudi Luhur Bintang Laut, SMP Kristen 1 serta SMP Kalam Kudus. Sekolah-sekolah tersebut bakal menerapkan Kurikulum 2013 pada tahun depan.

Advertisement
Kata Kunci : Guru Kurikulum 2013 Tot
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif