PILKADA KARANGANYAR
Pemkab dan KPU Adakan Quick Count

MELEWATI BALIHO CAGUB-CAWABUP KARANGANYARCabup-Cawabup Karanganyar (Dok/Solopos)

Solopos.com, KARANGANYAR – Desk pemilihan kepala daerah (Pilkada) Pemkab Karanganyar akan melaksanakan penghitungan cepat atau quick count hasil perolehan suara sementara Pilkada Karanganyar. Hasil perolehan suara sementara diperkirakan dapat diketahui sekitar pukul 19.00 WIB.

Kabag Pemerintahan Umum Setda Karanganyar, Ali Ghufron, mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan setiap kecamatan agar segera merekap dan mengirimkan hasil penghitungan suara sementara ke desk Pilkada Pemkab Karanganyar. Petugas desk Pilkada Pemkab segera merekap dan menghitung jumlah suara di setiap kecamatan.

“Sistemnya hampir sama saat pemilihan gubernur (Pilgub) Jateng lalu, persiapannya sudah siap, tak ada lagi masalah,” katanya kepada Solopos.com, Jumat (20/9/2013).

Mekanismenya hasil penghitungan suara di setiap lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) direkap di tingkat desa/kelurahan secara cermat dan teliti. Kemudian, hasil penghitungan suara di tingkat desa/kelurahan dikirim ke tingkat kecamatan. Petugas di kecamatan segera merekap dan menghitung perolehan suara dari setiap desa.

Setelah penghitungan suara rampung, petugas diminta segera mengirimnya ke desk Pemkab Karanganganyar. Ada tiga cara pengiriman hasil penghitungan suara yakni melalui pesan singkat atau short message service (SMS), telepon atau menyerahkan langsung hasil rekapan penghitungan suara ke desk Pilkada Karanganyar.

“Kami akan proaktif memantau perekapan penghitungan suara dengan menelpon para petugas di setiap kecamatan. Ada tiga cara yang ditawarkan, silakan dipilih yang tercepat karena quick count,” ujarnya.

Berdasarkan pengalaman saat melaksanakan quick count Pilgub Jateng, hasil perolehan suara sementara Pilkada Karanganyar diperkirakan dapat diketahui sekitar pukul 19.00 WIB. Menurutnya, quick count yang dilakukan desk Pilkada Karanganyar cukup cermat dan teliti.
“Nanti penghitungan suara sementara akan dimulai pukul 16.00 WIB.”

Sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar juga melakukan quick count Pilkada Karanganyar. Sistem penghitungan cepat sementara juga dilakukan melalui pengiriman pesan singkat yang dikirim langsung ke KPU Karanganyar.

Petugas KPU akan merekap dan menghitung perolehan suara di setiap kecamatan.

Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) menjadi ujung tombak dalam mengirim perolehan suara sementara ke KPU Karanganyar.

“Kami juga melaksanakan quick count, cara pengirimannya lewat pesan singkat yang langsung direkap oleh petugas KPU Karanganyar,” jelas Ketua KPU Karanganyar, Sri Handoko Budi Nugroho.

Editor: | dalam: Karanganyar |
Iklan Cespleng
Menarik Juga »