Sport
Jumat, 20 September 2013 - 21:54 WIB

PIALA AFF U-19 2013 : Taklukkan Timor Leste, Indonesia Tantang Vietnam di Final

Redaksi Solopos.com  /  Yusmei Sawitri  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemain sepak bola Tim Nasional Indonesia U-19, Muhammad Hargianto (8) bersama rekan melakukan selebrasi seusai mencetak gol kegawang timnas Timor Leste dalam pertandingan semifinal AFF U-19 Championship 2013 di Gelora Delta Sidoarjo, Jumat (20/9/2013) malam. Indonesia mengalahkan Timor Leste dengan skor 0-2 dan berhak maju ke final melawan Timnas Vietnam, Minggu (22/9/2013). (JIBI/Solopos/Antara//M Risyal Hidayat)

Solopos.com, SIDOARJO—Tim nasional (timnas) Indonesia U-19 melangkah ke final Piala AFF U-19 2013. Skuat Garuda Muda, julukan Timnas Indonesia, merebut tiket final setelah menundukkan Timor Leste U-19 2-0 pada babak semifinal di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (20/9/2013).

Di babak final, Indonesia bakal ditantang Timnas Vietnam U-19.  Vietnam melangkah ke babak final Piala AFF U-19 setelah menundukkan Timnas Laos U-19 dengan skor 1-0 di Stadion Petrokimia, Gresik, Jumat (20/9) petang. Laga itu bakal menjadi ulangan kedua tim, karena di babak penyisihan Indonesia dan Vietnam sama-sama tergabung di Grup B. Saat itu, Indonesia dipaksa takluk dari Vietnam.

Advertisement

Dua gol kemenangan Indonesia diciptakan oleh Ilham Udin Armaiyn dan M. Hargianto di masing-masing babak.

Menghadapi Timor Leste, Garuda Jaya kembali memainkan skuat terbaiknya. Didukungh puluhan ribu penonton, Indonesia tampil trengginas dan menekan sejak awal laga. Alhasil, ketika laga baru berjalan 10 menit, timnas berhasil membuka pundit-pundi gol. ,Ilham Udin Armayn sukses membuka keunggulan lewat tendangan keras usai menerima umpan dari Muchlis Hadi Ning.

Tertinggal satu gol tak membuat penggawa Timor Leste patah semangat. Dua menit berselang, Timor Leste memiliki peluang melalui tendangan bebas kapten, Nataniel De Jesus Reis. Namun tendangannya masih melenceng dari gawang Indonesia yang dikawal Ravi Murdianto.

Advertisement

Di sisi lain, skuat Garuda Muda juga semakin bersemangat mencari gol tambahan. Namun, hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia tak berubah.

Di babak kedua, Indonesia tak menurunkan tempo serangan. Tim besutan Indra Sjafri terus berusaha membombardir daerah pertahanan Timor Leste. Gol tambahan yang dinanti-nanti, datang di menit ke-61 melalui M. Hargianto. Gol ini berkat assist dari Maldini, yang dirayakan meriah oleh ofisial tim Merah Putih dan para suporter yang menyesaki Stadion Gelora Delta.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif