Soloraya
Rabu, 18 September 2013 - 13:26 WIB

ANGGOTA LINMAS WONOGIRI : 50 Anggota Linmas Ikuti Pelatihan

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, WONOGIRI–Sebanyak 50 orang anggota Linmas desa/kelurahan di Kabupaten Wonogiri mengikuti pelatihan dasar (latsar) yang dihelat selama dua hari, di Gedung PKPRI Wonogiri.

Plt Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol & Linmas) Wonogiri, Edi Sutopo, saat ditemui wartawan, di sela-sela pelatihan, Rabu (18/9/2013), mengatakan latsar ini penting untuk memastikan anggota Linmas bekerja dengan baik menyusul banyaknya beban tugas yang diemban satuan tersebut.

Advertisement

Menurut Edi, ada beberapa poin yang ditekankan dalam pelatihan yang berlangsung Rabu-Kamis (18-19/9/2013) itu, di antaranya penanggulangan keamanan, penanggulangan bencana, dan agenda nasional, seperti Pemilu Legislatif 2014 yang sudah di depan mata.

“Latsar ini meliputi praktik 60% dan teori 40%. Tujuannya untuk menyiapkan Linmas agar siap menghadapi tugasnya. Ya misalnya bencana, kami menghadirkan Pemadam Kebakaran untuk memberi pelatihan,” jelas Edi.

Dia menambahkan, saat ini di Wonogiri ada 14.000-an anggota Linmas. Jumlah itu terdiri atas Linmas inti yang tersebar di setiap kantor kecamatan satu pleton, setiap desa/kelurahan satu plepon, dan kabupaten 100 orang petugas.  Edi berharap latsar yang menyasar anggota muda atau yang belum pernah mengikuti pelatihan ini membuat kinerja anggota Linmas kian baik.

Advertisement

Selain itu, dengan dilibatkannya jajaran kepolisian dan TNI, dia berharap kerjasama antara ketiga elemen yang bertanggung jawab terhadap keamanan dan ketertiban itu kian erat dan kompak.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif