Soloraya
Selasa, 17 September 2013 - 07:15 WIB

PILKADA KARANGANYAR : Besok, Logistik Mulai Didistribusikan

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, KARANGANYAR — Logistik pemilihan kepala daerah (Pilkada) Karanganyar berupa perangkat atau kelengkapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) bakal mulai didistribusikan pada Rabu (18/9/2013). Logistik Pilkada Karanganyar dikirim langsung ke setiap Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Ketua  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar, Sri Handoko Budi Nugroho, mengatakan pihaknya telah menyiapkan logistik Pilkada antara lain bilik suara, surat suara dan kartu undangan pemilih. Logistik Pilkada segera dikirim ke setiap PPK yang dilanjutkan ke setiap Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS).

Advertisement

“Logistik Pilkada sudah siap 100 persen hanya tinggal pendistribusian ke setiap PPK dan TPS,” katanya kepada Solopos.com, Senin (16/9/2013).

Pihaknya telah menyusun jadwal pengiriman logistik pemungutan suara ke setiap PPK. Selanjutnya, anggota PPK akan mencocokkan data logistik yang dikirim KPU Karanganyar dengan data logistik TPS. Apabila ada logistik yang kurang maka segera ditambah oleh KPU Karanganyar.

Proses pendistribusian logistik akan dikawal ketat aparat kepolisian. Hal ini dilakukan untuk menjamin penyelenggaraan pesta demokrasi terbesar di Bumi Intanpari berjalan lancar dan netral.

Advertisement

“Pola pendistribusiannya hampir sama saat Pilgub Jateng, nanti ada polisi yang mengawalnya,” ujarnya.

Menurutnya, tak ada permasalahan terkait persiapan logistik Pilkada Karanganyar. Surat suara yang rusak telah dikembalikan ke percetakan dan diganti yang baru. Kendati jumlah TPS bertambah dibanding saat pemilihan gubernur (Pilgub) lalu namun jumlah bilik suara tetap mencukupi.

Pejabat Divisi Sosialisasi dan Logistik KPU Karanganyar, Sutopo, menjelaskan jumlah TPS Pilkada Karanganyar bertambah dibanding Pilgub Jateng yakni sebanyak 1.617 TPS yang tersebar di wilayah Karanganyar. Seluruh logistik Pilkada telah dikumpulkan sesuai jadwal pendistribusian ke setiap PPK.

Advertisement

Pengiriman logistik Pilkada akan diprioritaskan di wilayah perbatasan terlebih dahulu. Sebab, pengiriman logistik akan membutuhkan waktu lantaran jarak tempuhnya cukup jauh.

“Sesuai aturan, logistik harus siap di lokasi TPS pada H-3. Tak ada masalah untuk logistik Pilkada,” pungkas Sutopo.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif