Lifestyle
Senin, 16 September 2013 - 16:10 WIB

Tetap Sadar Lingkungan Saat Makan Direstoran, Ini Caranya

Redaksi Solopos.com  /  Maya Herawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi makan di restoran. Saat makan di restoran Anda juga bisa sembari menerapkan green living. (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Foto ilustrasi makan di restoran. Saat makan di restoran Anda juga bisa sembari menerapkan green living. (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Harianjogja.com, JAKARTA—Sebagai orang yang sadar pentingnya menjalankan gaya hidup green living atau hidup sembari menjaga lingkungan, Anda pastinya ingin mencoba menerapkannya di mana pun Anda berada.

Advertisement

Di rumah pola green living mungkin lebih mudah Anda jalankan karena semuanya dapat Anda atur sendiri. Tapi, bagaimana ketika Anda makan di restoran?Berikut 6 tips untuk tetap go green ketika Anda makan di sebuah restoran.

1. Hindari wadah plastik
Saat memilih makanan atau minuman di restoran, hindari memilih hidangan yang disajikan dalam wadah plastik. Pasalnya, plastik butuh waktu setidaknya puluhan tahun untuk dapat terurai. Pilihlah makanan dan minuman yang disajikan dalam alat-alat makan yang bisa dipakai lagi. Jika Anda harus makan di restoran cepat saji, pilihlah restoran yang menggunakan wadah kertas yang lebih mudah terurai.

2. Bijak memilih menu
Tentu saja Anda bebas memilih menu yang Anda sukai. Tapi, perhatikan juga apakah menu hidangan sudah masuk kategori hijau. Sebaiknya kurangi memilih menu yang semua bahan-bahannya diimpor. Perbanyak pilih menu dengan bahan-bahan lokal dan organik.

Advertisement

3. Jangan ambil atribut-atribut kecil yang tidak Anda perlukan
Saat makan di restoran, Anda akan disajikan banyak hal yang mungkin sebagian besar tidak Anda perlukan. Misalnya saja sedotan. Jika minuman Anda masih dapat dinikmati tanpa sedotan, buat apa menambah satu lagi sampah plastik? Selain sedotan, banyak lagi item-item kecil yang sebenarnya tidak perlu Anda gunakan misalnya tisu basah atau pun saus dalam kemasan. Jika Anda tidak benar-benar membutuhkannya, kembalikan saja barang-barang ini kepada pelayan.

4. Bungkus?
Bawa tempat makan Anda sendiri!Jika Anda terpaksa membungkus makanan yang tidak bisa Anda habiskan atau harus membawa pulang makanan, pastikan Anda tidak menggunakan terlalu banyak bungkusan khususnya yang berbahan plastik. Jika memungkinkan, bawalah sendiri wadah Anda sehingga dapat mengurangi sampah.

5. Bawa cadangan alat makan sendiri
Anda tidak dapat selalu menentukan alat makan yang cinta lingkungan di restoran. Jadi, bawalah selalu alat makan sendiri sebagai cadangan. Jika Anda kebetulan makan di restoran yang memakai sumpit kayu sekali pakai, Anda bisa menggunakan sumpit milik Anda sendiri. Pasalnya sumpit sekali pakai dari kayu menyebabkan banyaknya kayu dari hutan yang ditebang.

Advertisement

6. Pilih restoran yang ramah lingkungan
Kalau memungkinkan, Anda bisa merencanakan dulu di mana Anda akan makan. Pilihlah restoran yang Anda sudah ketahui sebelumnya sehingga Anda bisa memutuskan apakah restoran itu masuk kategori restoran hijau atau tidak. Sebelum memilih, beberapa hal yang bisa Anda perhatikan sebelumnya adalah penggunaan alat makan dan bahan-bahan makanan yang dipakai.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif