Lifestyle
Senin, 16 September 2013 - 15:44 WIB

Sengatan Listrik, Alternatif Sembuhkan Wasir Tanpa Operasi

Redaksi Solopos.com  /  Maya Herawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi operasi. (JIBI//Harian Jogja/Reuters)

Foto ilustrasi operasi. Kini ada alternatif penyembuhan wasir tanpa operasi yaitu dengan menggunakan sengatan listrik. (JIBI//Harian Jogja/Reuters)

Harianjogja.com, JAKARTA-Operasi untuk menyembuhkan wasir alias hemorrhoid kerap memakan waktu pemulihan yang lama. Kini ada alternatif terapi yang lebih cepat dan diklaim lebih manjur, yakni dengan memberikan sengatan listrik di sekitar anus.

Advertisement

Dengan operasi, penyembuhan wasir rata-rata buruh waktu pemulihan selama 4-5 hari. Kadang-kadang, pasien harus dirawat di rumah sakit sehingga tidak bisa menjalankan aktivitas sehari-hari.

Sebuah teknologi baru di Inggris diklaim bisa mengatasi wasir tanpa rasa sakit, dan tentunya lebih cepat karena tidak melalui operasi. Teknologi yang dinamakan Ultroid ini memberikan sengatan listrik dengan tegangan 6 volt, langsung ke lokasi wasir.

Terapi ini hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk setiap benjolan wasir, dan diklaim tidak terasa sakit karena arusnya tidak terlalu besar.

Advertisement

Sengatan listrik ini akan membuat satu-persatu benjolan menyusut. Seorang pasien kadang mengalami 2-3 benjolan wasir sekaligus.

Di Amerika Serikat, teknologi serupa memberikan angka kesembuhan hingga 85 persen tanpa risiko kekambuhan dalam jangka pendek. Tak heran bila para pakar kesehatan di Inggris mulai melirik penggunaannya.

“Operasi untuk wasir memang tidak nyaman. Ada rasa nyeri dan Anda bisa menghabiskan waktu beberapa pekan untuk sembuh total,” kata Mark Hudson-Peacock, seorang konsultan kesehatan di Inggris yang mulai memperkenalkan teknologi ini ke pasiennya, seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (16/9/2013).

Advertisement

Untuk tidak benjolan, sengatan listrik ini akan membuatnya menyusut hingga lenyap kurang lebih dalam 10-14 hari. Benjolan yang agak besar mungkin butuh 2-3 kali terapi sebelum mulai menampakkan hasilnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif