Senin, 16 September 2013 - 15:40 WIB

Pendaftar Mas dan Mbak Klaten Baru 30 Orang

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Solopos.com, KLATEN—Pendaftar pemilihan Mas dan Mbak Klaten 2013 hingga kini baru mencapai 30 orang. Pendaftaran bakal ditutup pada Jumat (20/9) pada pukul 15.00 WIB.

Sekretaris Panitia Pemilihan Duta Wisata Klaten 2013, Etik Pusparini, mengatakan 30 orang tersebut terdiri atas 12 laki-laki dan 18 perempuan. Rata-rata mereka berasal dari remaja asli Klaten yang masih menempuh pendidikan di perguruan tinggi di Klaten, Solo dan Jogja. Menurutnya, biasanya peminat Mas dan Mbak Klaten akan membeludak jelang akhir penutupan pendaftaran. Dia menilai masih ada waktu hingga empat hari bagi remaja asal Klaten untuk mendaftar Mas dan Mbak Klaten 2013. “Pendaftaran akan kami layani hingga Jumat pada pukul 15.00 WIB. Selagi masih ada kesempatan, silakan mendaftar bagi yang berminat,” jelas Etik saat ditemui solopos.com di Klaten, Senin (16/9/2013).

Advertisement

Etik menjelaskan peminat Mas dan Mbak Klaten 2012 lalu mencapai 70 orang. Jumlah itu jauh di atas target yang dipatok sekitar 40 orang. Pada tahun ini, pihaknya menargetkan perolehan 50 peserta. Menurutnya, sosialisasi pemilihan Mas dan Mbak Klaten 2013 sudah maksimal dilakukan.

Selain melalui penyebaran brosur, sosialisasi juga dilakukan melalui facebook dan blog dengan alamat www.dinaspariwisataklaten.blogspot.com. Asosiasi Duta Wisata Indonesia (Adwindo) Klaten juga membantu menyosialisasikan pemilihan Mas dan Mbak Klaten 2013 dengan sistem jemput bola ke sekolah-sekolah.

Etik menambahkan seleksi tertulis, wawancara, uji bakat dan pemotretan akan digelar pada Selasa (24/9). Sehari berikutnya, Rabu (25/9), seluruh peserta akan diajak mengelilingi sejumlah objek wisata di Klaten seperti Desa Melikan, Makam Sunan Pandanaran, tempat kerajinan batik Bayat, Rawa Jombor dan lain-lain.

Advertisement

“Grand final akan digelar pada Sabtu (5/10) mendatang. Rencananya grand final akan digelar di halaman Pendapa Pemkab Klaten,” tambah Etik.

Ketua Bidang Publikasi dan Dokumentasi Panitia Pemilihan Mas dan Mbak Klaten 2013, Kijo Asmoro, mengatakan pengambilan blanko pendaftaran dilayani di Kantor Disbudparpora di Jl Sulawesi No. 37 Sidowayah, mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Beberapa syarat pendaftaran Mas dan Mbak Klaten 2013 antara lain usia peserta minimal 17 tahun dan maksimal 24 tahun, belum menikah per 1 November 2013, memiliki tinggi badan 160 cm untuk wanita dan 170 cm untuk pria, warga asli dari Klaten, berpengetahuan luas, memiliki ketertarikan pada dunia pariwisata maupun budaya dan lain-lain.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif