News
Senin, 16 September 2013 - 05:30 WIB

Ingrid & Manuel Hantam Meksiko, 14 Orang Tewas

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (News.yahoo.com/NOAA)

Solopos.com, MEXICO CITY — Sedikitnya 14 orang tewas dan ribuan orang diungsikan di Meksiko akibat hujan lebat yang disebabkan oleh Badai Ingrid dan Topan Tropis Manuel. Korban jiwa tersebut kebanyakan jatuh akibat kecelakaan lalu lintas yang dipicu oleh hujan dan tanah longsor yang terjadi di wilayah bagian Hidalgo, Puebla, dan Guerrero.

Media setempat melaporkan wilayah utara Hidalgo adalah daerah yang paling parah dilanda Badai Ingrid, badai kedua pada musim badai Atlantik tahun ini. Di Negara Bagian Veracruz, 5.397 orang telah meninggalkan rumah mereka, dan 3.597 di antara mereka berlindung di tempat penampungan pemerintah. Demikian disampaikan beberapa pejabat setempat.

Advertisement

Ingrid yang termasuk badai kategori 1 melanda lepas pantai Teluk Meksiko, Sabtu (14/9/2013). Badai itu mengakibatkan hujan lebat di sebagian besar negera tersebut.

Dinas Meteorologi Nasional (NMS), sebagaimana dilaporkan Kantor Berita Xinhua, Minggu, menyatakan badai tersebut mungkin memasuki daratan pada Senin (16/9/2013), di Negara Bagian Tamaulipas dan Veracruz di Meksiko Barat.

Sementara itu, Komisi Perairan Nasional melaporkan Topan Tropis Manuel bertambah kuat dan dapat menjadi badai sebelum memasuki daratan. Interaksi antara Badai Ingrid dan Topan Tropis Manuel memicu hujan lebat di sebagian besar wilayah Meksiko.

Advertisement

Petugas ramalan cuaca di US National Hurricane Center, yang berpusat di Miami, menyatakan hujan tersebut mengakibatkan banjir bandang dan tanah longsor yang mengancam nyawa warga. Dua pekan sebelumnya, Topan Tropis Fernand merenggut 13 jiwa saat melintasi Veracruz.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif