AFF CUP U-19 2013
Mati-matian, Garuda Muda Bungkam Thailand 3-1

Ilustrasi Kapten tim nasional Indonesia, Evan Dimas Darmono (6) meluapkan kegembiraan usai mencetak gol.Ilustrasi Kapten tim nasional Indonesia, Evan Dimas Darmono (6) meluapkan kegembiraan usai mencetak gol.

Harian Jogja.com, SURABAYA—Laga tegangan tinggi mewarnai pertarungan Indonesia melawan Thailand dalam kualifikasi grup B AFF Cup U-19 2013, di Stadion Gelora Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (16/92013). Diwarnai hujan kartu, Indonesia berhasil bangkit dan menang 3-1.

Indonesia unggul lebih dulu pada menit ke-15 lewat tendangan menyusur tanah yang dilepaskan Evan Dimas, memanfaatkan umpan Muchlis Hadi. Tendangan keras itu membentur pemain belakang Thailand dan membelokkan bola yang membuat Anusit Termmee mati langkah dan terlambat mengantisipasi bola.

Unggul satu gol, Indonesia berusaha menambah angka, namun Thailand mampu mengimbangi dengan serangan balik berbahaya. Menit 43, Ilham Udin yang lepas dari pengawalan Thailand mendapat peluang emas. Sayang tendangannya tak memenuhi target.

Kejutan datang di waktu tambahan. Pada menit 45+2 dengan memanfaatkan crossing dari sisi kiri pertahanan Indonesia, Ratchanon yang terlepas dari pengawalan melakukan sundulan yang meluncur mulus ke gawang Indonesia. Skor imbang 1-1 mengakhiri babak pertama.

Babak kedua permainan makin keras. Puncaknya di menit 67 Ratchanon yang melakukan aksi diving mendapatkan kartu kuning kedua dan harus keluar lapangan.

Diuntungkan jumlah pemain, Indra Sjafri memasukkan Maldini menggantikan Hadi Ning di menit 73. Masuknya pemain sayap itu membuat serangan indonesia bertambah tajam.

Akhirnya, saat waktu menunjukkan menit 76, Maldini dari sisi sayap kanan melepas umpan silang pendek yang disambut Evan Dimas dan berhasil kembali membobol gawang Thailand. Indonesia kembali unggul 2-1.

Mendapatkan tambahan waktu empat menit, situasi di lapangan benar- benar memanas dan membuat babak kedua diperpanjang empat menit. Hingga satu menit jelang peluit panjang berbunyi, Hendra Sandy dengan gesit melewati dua pemain belakang Thailand dan harus dihentikan dengan kekerasan di dalam kotak penalti. Tanpa ragu, wasit menunjuk titik 12 pas.

Evan Dimas yang mengeksekusi penalti mengarah tajam ke sisi kiri gawang dan gol setelah membentur tiang gawang. Indonesia menambah keunggulan dan menutup pertandingan dengan skor 3-1.

Dengan hasil ini, Indonesia mengamankan posisinya di tempat kedua klasemen grup B. Sebaliknya, Thailand harus angkat koper lebih dahulu karena terpuruk di posisi bawah klasemen sementara. Selanjutnya Indonesia akan menjamu Malaysia Rabu (18/9/2013) mendatang.

Editor: | dalam: Indonesia |
Iklan Cespleng
Menarik Juga »