Lifestyle
Jumat, 13 September 2013 - 03:40 WIB

TIPS BELANJA : AS Terbitkan Panduan Anyar, Tak Perlu Ragu Konsumsi Makanan Kedaluwarsa

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tanggal Kedaluwarsa (nutritionwarehouse.com.au)

Solopos.com, SOLO — Kebanyakan orang membuang makanan mereka karena telah melampaui tanggal kedaluwarsa. Padahal jika makanan masih dalam kondisi sempurna, makanan sejatinya tidak perlu dibuang dan tetap bisa dikonsumsinya tanpa ragu-ragu.

Kebebasan konsumsi makanan kedaluwarsa jenis tertentu itu tercantum pada panduan terbaru Departemen Petanian (Deptan) Amerika Serikat (AS) sebagaimana yang dipublikasikan news.com.au, Kamis (12/9/2013). Menurut Deptan AS, tanggal kedaluwarsa hanya panduan untuk kualitas. Lebih dari itu, produk harus kondisi baik saat akan dikonsumsi.

Advertisement

Kendati menyatakan tanggal kedaluwarsa itu hanya panduan, namun diingatkan pula bahwa tidak semua makanan bisa dikonsumsi meskipun tampak baik-baik saja dalam kondisi kedaluwarsa. Produk daging tertentu, sayuran bayam atau selada tergolong sebagai produk makanan yang tak bisa dikonsumsi begitu terlewat tanggal kedaluwarsa.

Wakil Presiden Pengembangan Bisnis Laboratorium Pangan Nasional Deptan AS Jena Roberts mengatakan bahwa keamanan makanan tidak dilihat dari tanggal kedaluwarsa saja. Namun tanggal kedaluwarsa itu hanya digunakan untuk panduan dan tetap harus digunakan. Sedangkan bayam dan lada adalah satu-satunya makanan yang harus dibuang karena panas akan membunuh kandungan bakteri patogennya.

Berbeda dengan daging, meskipun tetap harus menggunakan tanggal kedaluwarsa, namun jika dibekukan kualitasnya tetap terjaga. Namun standar makanan Australia-Selandia Baru melarang konsumsi makanan yang telah melewati tanggal kedaluwarsa karena alasan kesehatan dan keselamatan.

Advertisement

Bumbu dapur seperti rempah-rempah, minyak zaitun, cuka, pasta kering, dan biji wijen merupakan jenis makanan yang awet dalam waktu panjang. Hanya saja kualitasnya akan berkurang seiring berjalannya waktu.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif