PERPUSTAKAN SUKOHARJO : Kunjungan ke Perpustakaan Daerah Didongkrak

Kamis, 12/9/2013
Ilustrasi Perpustakaan (Dok/JIBI/Solopos)Ilustrasi Perpustakaan (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Jajaran Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Sukoharjo bertekad mendongkrak tingkat kunjungan masyarakat ke perpustakaan daerah.

Saat ini tingkat kunjungan ke perpustakaan berkisar di angka 90-100 orang per hari. Informasi tersebut diperoleh Solopos.com, Rabu (11/9/2013), dari Kasi Perpustakaan Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Sukoharjo, Siti Fatmah, saat ditemui di kantornya.

Dia menjelaskan, saat ini perpustakaan Sukoharjo semakin lengkap dan nyaman dikunjungi. Sebab perpustakaan sudah dilengkapi dengan banyak fasilitas seperti ruang koleksi buku, ruang baca, ruang anak, ruang layanan, ruang audio visual dan ruang internet.

Selain itu ada juga taman baca [outdoor] di pelataran kantor. Taman ini dilengkapi sebuah gazebo dan beberapa kursi baca. Siti menjamin taman ini nyaman untuk tempat membaca karena terdapat pohon rindang dan tanaman hijau. “Ini fasilitas spesial,” katanya.

Sedangkan bagi pengunjung kategori anak-anak bisa memanfaatkan ruang khusus anak. Ruang ini dilengkapi education toys dan aneka gambar warna-warni yang menarik bagi anak-anak. “Ada juga ruang audio visual, tempat untuk memutar aneka film,” imbuhnya.

Sementara salah seorang pengunjung perpustakaan, Agus Bintoro Nugroho, 25, ditemui Solopos.com, mengakui kondisi fisik perpustakaan yang beralamat di Jl Jend. Sudirman itu sudah bagus. Selain itu koleksi buku, media massa dan fasilitasnya lengkap.

Pemuda asal Sangkrah, Pasar Kliwon, Solo itu sudah tiga kali berkunjung ke Perpustakaan Sukoharjo. Namun untuk peningkatan dia menyarankan promosi kepada masyarakat. Tujuannya mengenalkan perpustakaan dan fasilitasnya kepada masyarakat .