Lifestyle
Rabu, 22 Mei 2024 - 10:45 WIB

Tubuh Bakar Kalori Secara Alami setiap Hari, Segini Jumlahnya

Redaksi Solopos.com  /  Astrid Prihatini WD  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi wanita membaca. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Meski tidak melakukan olahraga secara spesifik, faktanya adalah tubuh Anda tidak pernah berhenti membakar kalori. Lalu berapa banyak kalori dibakar tubuh secara alami dalam sehari? Untuk menjaga kesehatan tubuh, simak ulasannya di info sehat ini.

Jadi, bagaimana dan mengapa Anda membakar kalori dengan membaca, tidur, atau menghabiskan waktu berjam-jam sambil bersantai? Mari kita berhitung dengan ahli endokrinologi dan spesialis manajemen berat badan Marcio Griebeler, MD.

Advertisement

Kalori merupakan nilai yang menunjukkan jumlah energi yang diperoleh dari makanan dan minuman. Setiap hari manusia mendapatkan kalori untuk digunakan sebagai energi dalam beraktivitas setiap harinya.

Seseorang mungkin berpikir tubuh membakar kalori paling banyak ketika sedang berolahraga, namun kenyataanya kalori dikabar tubuh tak hanya saat berolahraga. Manusia perlu membakar kalori untuk tetap bertahan hidup dimana ini digunakan untuk memompa darah, bernafas, dan berpikir serta melakukan semua hal.

Advertisement

Seseorang mungkin berpikir tubuh membakar kalori paling banyak ketika sedang berolahraga, namun kenyataanya kalori dikabar tubuh tak hanya saat berolahraga. Manusia perlu membakar kalori untuk tetap bertahan hidup dimana ini digunakan untuk memompa darah, bernafas, dan berpikir serta melakukan semua hal.

Dikutip dari health.clevelandclinic.com pada Selasa (21/5/2024) sepanjang hari  tubuh membakar kalori secara alami tanpa aktivitas apa pun berkisar 1.300 hingga 2.000 kalori, tergantung pada usia dan jenis kelamin seseorang. Pembakaran yang terjadi terus menerus ini disebut sebagai metabolisme. Jadi meski tak melakukan apa-apa tubuh tetap sibuk membakar kalori untuk menjaga seluruh sistem bergerak.

Mengapa tubuh Anda membakar kalori?  Dengan banyaknya pembicaraan tentang “pembakaran kalori” yang berfokus pada penurunan berat badan, alasan sebenarnya di balik kebutuhan kalori tubuh Anda sering kali terabaikan. Ini bukan tentang angka-angka pada skala. Ini tentang kelangsungan hidup.

Advertisement

Pembakaran terus-menerus untuk menjaga tubuh Anda tetap berjalan dikenal sebagai metabolisme Anda. Untuk lebih spesifiknya, laju metabolisme basal (BMR) Anda mengacu pada jumlah minimum kalori yang dibutuhkan tubuh Anda untuk berfungsi.  Jadi, saat Anda tidak melakukan apa pun, tubuh Anda tetap sibuk dan membakar kalori untuk menjaga semua sistem tetap beroperasi.

BMR, juga dikenal sebagai tingkat metabolisme saat seseorang istirahat, bervariasi secara luas berdasarkan faktor-faktor seperti usia, tinggi badan, berat badan, jenis kelamin, rasio otot terhadap lemak, dan genetik. Pada kebanyakan orang, BMR menyumbang sekitar 60% hingga 70% dari pembakaran kalori harian. Kalori yang tersisa digunakan ketika seseorang mulai bergerak dan melakukan aktivitas sehari-hari.

Sekarang, jika orang berolahraga, itu akan meningkatkan total pembakaran kalori mereka untuk hari itu, kata seorang dokter spesialis endokrin dan spesialis manajemen berat badan Marcio Griebeler, MD. Namun, itu tidak akan benar-benar memengaruhi tingkat metabolisme dasar seseorang.

Advertisement

Lalu apakah seseorang bisa mengubah tingkat metabolisme mereka? Jawabannya adalah bisa. Hal ini cukup sederhana, yang mana dengan menambahkan massa otot.

Massa otot memerlukan lebih banyak energi dari tubuh bahkan saat istirahat. Bayangkan hal ini seperti menaikkan suhu pada pembakaran kalori.
“Jika Anda membangun otot, Anda meningkatkan tingkat metabolisme basal Anda,” jelas Dr. Griebeler.

Jadi, jika seseorang mencoba menurunkan berat badan, penting untuk mempertahankan otot sambil mengurangi berat badan. Kehilangan otot selama proses penurunan berat badan sebenarnya dapat memperlambat tingkat metabolisme dan pembakaran kalori dasar, yang merupakan kebalikan dari apa yang ingin dicapai.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif