Soloraya
Selasa, 10 September 2013 - 12:33 WIB

HAJI 2013 : 2 Calhaj Kloter I Embarkasi Solo Batal Berangkat

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi barang bawaan jemaah haji (Maulana Surya/JIBI/Solopos)

MENYIAPKAN KOPER CALHAJ

Solopos.com, BOYOLALI — Dua orang jemaah calon haji (calhaj) kelompok terbang (kloter) I Embarkasi Solo batal berangkat ke Mekah pada Selasa (10/9/2013). Keduanya terpaksa membatalkan keberangkatan di daerah masing-masing karena menderita sakit.

Advertisement

Kasubbag Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo 2013, Badrus Salam, saat ditemui wartawan, Selasa, mengatakan dalam data pemberangkatan awal, kloter I seharusnya diisi oleh 375 orang yang terdiri atas 296 calhaj asal Kota Tegal, 67 calhaj asal Kebupaten Tegal, 7 orang Tim Pemantau Peningkatan Pelayanan Penyelenggaraan Ibadah Haji (TP4H) dan 4 orang petugas kloter. Namun, dalam pendataan riil, hanya 373 orang yang ada di sana.

“Setelah kami mengecek petugas daerah, ternyata ada seorang calhaj asal Kota Tegal dan seorang calhaj asal Kabupaten Tegal yang batal berangkat. Mereka membatalkan keberangkatan sejak ada di daerah,” ujar Badrus.

Kedua orang tersebut, lanjutnya, adalah Raimah, 71, warga Jl. Werkudara No. 1, RT 001/RW 005, Slerok, Tegal Timur, Kabupaten Tegal dan Salim, 67, warga Desa Purwahamba, RT 014/RW 006, Surodadi, Kota Tegal. Keduanya diketahui menderita sakit sehingga terpaksa membatalkan keberangkatan.

Advertisement

“Melihat kondisi tersebut, biaya haji yang telah disetorkan keduanya bisa ditarik kembali. Tetapi saya belum mengetahui secara pasti nominalnya,” terang dia.

Ia menambahkan, akibat pengurangan kuota haji sebanyak 20 persen, kini satu kloter terdiri atas sembilan rombongan. Satu rombongan terdiri atas 42 atau 43 orang. Sementara satu regu dalam rombongan tersebut berjumlah antara 10 atau 11 orang.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Ibadan Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Khaeruddin, dalam laporannya kepada pejabat yang hadir pada acara seremonial pemberangkatan calhaj, Selasa pagi, mengatakan tahun ini Embarkasi Solo memberangkatkan 26.006 jemaah calhaj. Jika ditambah dengan petugas kloter dan petugas daerah, totalnya adalah 26.554 orang.

Advertisement

Ia juga mengatakan, jemaah pada rentang usia antara 31-40 tahun mendominasi jemaah calhaj Embarkasi Solo 2013. Jumlahnya, kata dia, adalah 11.681 orang.

“Dari total jumlah tersebut, 2.461 berasal dari DI Yogyakarta. Kemudian, jemaah pria berjumlah 12.267 atau 47,17 persen dan jemaah wanita berjumlah 13.736 orang atau 52,83 persen,” seru dia.

Sementara itu, kloter IV, V dan VI mulai memasuki Asrama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali, Selasa. Mereka dalah calhaj yang berasal dari Kabupaten Tegal, Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Magelang. Dijadwalkan, ketiga kloter tersebut akan berangkat pada Rabu (11/9/2013).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif