AFF CUP U-19
Start Mulus, Garuda Muda Tekuk Brunei 5-0

Pemain Timnas Indonesia, Muchlis Hadi Ning Syaifulloh (10) berusaha melewati adangan pemain Brunei dalam pertandingan grup B AFF CUP U-19 di Stadion Delta Sidoarjo, Jatim, Selasa (10/9/2013).Pemain Timnas Indonesia, Muchlis Hadi Ning Syaifulloh (10) berusaha melewati adangan pemain Brunei dalam pertandingan grup B AFF CUP U-19 di Stadion Delta Sidoarjo, Jatim, Selasa (10/9/2013).

Harian Jogja.com, SURABAYA—Laga perdana Timnas Indonesia U-19 di babak penyisihan grup B AFF Cup U19 berakhir manis. Bermain di Stadion Delta Sidoarjo, Selasa (10/9/2013), tim besutan Indra Sjafri menekuk Brunei dengan skor telak, 5-0.

Indonesia memulai laga dengan serangan-serangan taktis dan menghasilkan peluang-peluang emas di menit-menit awal pertandingan. Namun gol pembuka baru terjadi di menit ke-12.

Memanfaatkan umpan silang Maldini yang menerobos dua orang pemain bertahan Brunei dari sisi kanan, Ilham Udin Armaiyn yang berada pada posisi bebas di depan gawang dengan mudah menceploskan bola ke gawang Abdul Hafidz.

Unggul satu angka, Indonesia makin mengetatkan serangan. Kali ini kesempatan kedua datang dari Alqomar Tehupalesy. Berada di posisi bebas jauh di luar kotak penalti, Alqomar melepaskan tendangan parabola yang manis dan mengarah tepat di sisi kiri gawang Brunei. Kedudukan sementara 2-0.

Seakan tak puas, kali ini Ilham kembali menambahkan angka dengan gol cantik. Menguasai bola ditengah kepungan pemain belakang Brunei, Ilham meliuk dengan membawa bola dan melewati empat pemain belakang sebelum merobek gawang dengan tendangan keras kaki kiri. Skor 3-0 hingga turun minum.

Babak kedua Indonesia nyaris kebobolan di menit 51. Penjaga gawang Ravi murdianto yang terlalu berani menyongsong bola berujung lepasnya penyerang Brunei dari penjagaan. Beruntung peluang itu tak membuahkan hasil bagi Brunei.

Menit 60, Muchlis hadining Syaifulloh menambah gol dengan memanfaatkan umpan terobosan Evan Dimas dari sisi kanan dan dengan tenang menceploskan bola ke sisi kanan gawang Abdul Hafidz. Gol terakhir tercipta di menit 85.

Paulo Sitanggang yang membawa bola melakukan umpan terobosan mulus yang disambut baik oleh Muchlish dan dengan mudah mengecoh penjaga gawang Brunei. Skor akhir 5-0 untuk kemenangan tim tuan rumah.

Pelatih Indonesia, Indra Sjafri mengatakan hasil ini diluar perkiraannya. Pasalnya mereka tak memiliki gambaran kekuatan tim lawan di laga perdana ini.

“Mereka memang diinstruksikan untuk bermain serius sejak awal karena kami buta kekuatan Brunei. Mudah-mudahan momentum ini dapat dimanfaatkan hingga akhir AFF Cup,” ujar Indra.

Editor: | dalam: Indonesia |
Iklan Cespleng
Menarik Juga »