LAKA MAUT DUL AHMAD DHANI
Dul Terancam 6 Tahun Penjara

Artis Mulan Jameela (tengah) bersama anaknya Syafeea (kanan) menjenguk anak ketiga Ahmad Dhani Abdul Qodir Jaelani (Dul) di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta, Minggu (8/9/2013). Akibat kecelakaan yang terjadi di Tol Jagorawi km 8, Minggu dini hari, Dul harus menjalani dua kali operasi karena patah tulang rusuk dan panggul.Artis Mulan Jameela (tengah) bersama anaknya Syafeea (kanan) menjenguk anak ketiga Ahmad Dhani Abdul Qodir Jaelani (Dul) di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta, Minggu (8/9/2013). Akibat kecelakaan yang terjadi di Tol Jagorawi km 8, Minggu dini hari, Dul harus menjalani dua kali operasi karena patah tulang rusuk dan panggul. (JIBI/Solopos/Antara/Muhammad Admaja)

Solopos.com, JAKARTA — Putra musisi Ahmad Dhani, Abdul Qodir Jaelani alias Dul, 13, terancam hukuman enam tahun penjara lantaran terlibat kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan 6 orang tewas dan 9 lainnya terluka. “Dia [Dul] kena Pasal 310 UU Lantas [Lalu Lintas] karena lalai,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto di Jakarta, Minggu (8/9/2013).

Rikwanto menuturkan Dul bakalan dijerat Pasal 310 ayat (3) dan (4) UU No. 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dengan ancaman penjara enam tahun. Namun, Rikwanto sebagaimana dikutip Kantor Berita Antara, menyebutkan bahwa Dul akan mendapatkan penanganan khusus karena sesuai dengan Pasal 13 UU No. 23/2002 tentang Perlindungan Anak termasuk anak-anak yang belum dewasa.

Penyidik kepolisian akan memberikan perlindungan dalam menangani kasus tabrakan beruntun yang menyeret Dul karena masih berusia 13 tahun. Kemungkinan aparat kepolisian juga meminta keterangan Ahmad Dhani selaku orang tua Dul karena masih dalam perlindungan kedua orang tuanya atas kelalaian yang menyebabkan kematian orang lain.

Diketahui bahwa Dul yang mengendarai mobil Lancer berpelat nomor B 80 SAL terlibat kecelakaan dengan mobil Daihatsu berpelat nomor B 1349 TEN dan Avanza berpelat nomor B 1882 UZJ. Dul mengendarai mobil dari arah selatan menuju utara, kemudian kehilangan kendali akibat diduga tidak berkonsentransi.

Mobil itu menabrak pagar pemisah sehingga masuk jalur berlawanan dan menghantam Daihatsu Grand Max yang melaju dari arah utara ke selatan. Mobil Daihatsu itu lalu terdorong sehingga menabrak Avanza bernomor polisi B 1882 UZJ.

Musisi Ahmad Dhani yang ditemui terpisah berjanji menjalani setiap proses hukum yang harus dilakukan terkait kecelakaan maut yang melibatkan anaknya, Dul. “Ya, kita ikut proses dari yang berwajib,” ujar Ahmad Dhani singkat di Jakarta.

Ahmad Dhani juga mengatakan akan bertanggung jawab kepada korban dari kecelakaan tersebut. “Pastilah, harus tanggung jawab,” tegasnya.

Ia juga meminta doa agar kondisi Dul dapat lekas membaik. “Saya minta doanya supaya Dul cepat pulih,” pungkasnya.

Editor: | dalam: Peristiwa |
Iklan Cespleng
Menarik Juga »