News
Sabtu, 7 September 2013 - 07:10 WIB

Jumlah Pendaftar Pascasarjana Meningkat 10%

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/dok)

Solopos.com, SOLO – Pendaftar pendidikan program pascasarjana di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo tahun ini meningkat 10% ketimbang 2012. Pada 2012 jumlah pendaftar program pascasarjana sekitar 1.500-an dan meningkat menjadi 1.700-an calon pendaftar pada tahun ini.

“Jumlahnya meningkat 10% ketimbang tahun lalu, tahun ini ada 1.700 pendaftara yang mendaftar pascasarjana,” jelas Ketua Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Pascasarjana UNS, Subagyo, saat dihubungi solopos.com, Jumat (6/9/2013).

Advertisement

Subagyo mengatakan Program Pascasarjana UNS menerima sekitar 500 mahasiswa baru pada Tahun Akademik 2013/2014. Dalam setahun, lanjutnya, Program Pascasarjana menyelenggarakan pendaftaran dan penerimaan mahasiswa baru beberapa kali secara bertahap. Menurutnya, salah satu program studi (prodi)baru yakni Ilmu Kesehatan Masyarakat menjadi prodi favorit dengan jumlah pendaftar 130 dari total ribuan pendaftar tersebut. Namun, hanya 105 pendaftar yang diterima menjadi mahasiswa prodi tersebut lantaran keterbatasan kuota.

“Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat sebelumnya hanya menyediakan kuota 85 mahasiswa baru, namun ada penambahan kuota 20 sehingga totalnya mencapai 105,” urainya.

Selain Ilmu Kesehatan Masyarakat, beberapa prodi dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menjadi yang pilihan pilihan favorit yakni S-2 Pendidikan Matematika dan S-2 Pendidikan Bahasa Inggris di mana jumlah pendaftar mencapai 300-an pada masing-masing prodi.

Advertisement

Menurutnya, membeludaknya pendaftar untuk program kependidikan berkaitan dengan kebijakan pemerintah mengenai sertifikasi pegawai negeri. Selain itu, pada progam Strata Tiga (S-3) Prodi Ilmu Hukum menjadi pilihan favorit para lulusan magister. “Mahasiswa yang kuliah pada semester ini merupakan pendaftar pada periode II yang diseleksi pada April, periode III pada Mei dan periode IV Juli,” jelasnya.

Lebih lanjut, Subagyo mengungkapkan jadwal SPMB untuk semester Februari 2014 dimulai pada 15 Oktober – 14 November 2013. Sedangkan proses ujian tertulis akan dilaksanakan pada 16  November dengan materi Tes Potensi Akademik (TPA) dan Bahasa Inggris.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif