Lifestyle
Jumat, 6 September 2013 - 02:12 WIB

TIPS DIET : Ingin Kurus? Ini Langkah Jitu Turunkan Berat Badan

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Hanya perlu 5 langkah untuk turunkan bentuk badan ideal. (bonfirehealth.com)

Solopos.com, SOLO — Memiliki berat badan ideal dengan bentuk badan ideal merupakan idaman setiap orang. Namun bagaimana jika berat badan berlebih? Mungkin 5 cara ini cukup jitu membantu Anda untuk menggeser lemak dalam tubuh dalam waktu yang singkat. Dikutip dari news.com.au, Kamis (5/9/2013), inilah tips mengatur pola makan bagi Anda yang ingin sedikit kurus.

Advertisement

Potong Kalori

Mengurangi mengonsumsi makanan tinggi kalori adalah langkah penting pertama diet sehat. (topnews.in)

Advertisement

Mengurangi mengonsumsi makanan tinggi kalori adalah langkah penting pertama diet sehat. (topnews.in)

Agar lemak berkurang, Anda harus secara bertahap mengurangi makanan yang banyak mengandung kalori dan makanan ringan. Itu artinya, Anda perlu membatasi diri dari gorengan-gorengan berlapisi tepung, kue-kue, keripik dan kerupuk, buah kalengan, bahkan juga saus botolan yang menemani kala Anda menikmati burger atau ayam goreng tepung plus kentang goreng. Demikian juga dengan kopi beserta berbagai pemanis tambahan.

Advertisement

Mengonsumsi protein secara tepat membikin awet kenyang dan cukup asam amino. (gegeblog.com)

Agar jaringan otot kuat, Anda harus meningkatkan protein untuk tubuh. Konsumsi secara seimbang daging, ayam, ikan atau apapun yang banyak mengandung protein. Makanan tersebut dapat membantu metabolisme, membuat Anda awet kenyang dan menyediakan asam amino penting. Selain didapatkan dari daging, protein juga bisa didapatkan dari kacang-kacangan, telur, biji-bijian.

Advertisement

Bijaksana pilih karbohidrat

Pandai memilih karbohidrat rendah kalori adalah langkah tepat diet sehat. (goodcarbs.com)

Karbohidrat kerap dimusuhi, terutama tatkala menyangkut persoalan berat badan. Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat memang bisa menyebabkan aliran darah memburuk, serta akan meningkatkan hormon yang juga menyebabkan kenaikan lemak. Namun bukan berarti boleh secara ekstrem meninggalkannya, Jika mau menurunkan berat badan, bisa memilih menu karbohidrat sehat atau karbohidrat rendah kalori. Oleh sebab itu kurangi mengonsumsi gula, pati, dan biji-bijian olahan.

Advertisement

Perbanyak konsumsi sayuran & buah

Sayuran dan buah banyak mengandung serat, vitamin, dan mineral merupakan fondasi dari diet sehat. (hqoboi.com)

Agar lebih sehat dalam proses menurunkan berat badan, pastikan Anda memperbanyak mengonsumsi sayur dan buah. Mengutip Helpguide.org, laman Vermale.com bahkan menyarankan agar Anda tak ragu menambah porsi sayur mayur dan buah-buahan dalam menu makanan sehari-hari demi tubuh lebih sehat dan fit. Sayuran dan buah yang banyak mengandung serat, vitamin, dan mineral merupakan fondasi dari diet sehat.

Tingkatkan metabolisme tubuh

Memperbanyak mengonsumsi air putih dipercaya bisa melancarkan proses metabolisme tubuh. (glutenfreegladiator.com)

Proses metabolisme dapat didukung dengan bertahap menggantikan lemak jahat dengan lemak sehat. Tambahkan konsumsi minyak zaitun, alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak ikan, untuk mempercepat metabolisme dan menurunkan berat badan pada proses diet Anda. Berolahraga ringan terutama pada pagi hari, minum banyak air putih, mengonsumsi makanan yang pedas, tak meninggalkan sarapan serta menghindari makan besar menjelang tidur, kerap diyakini mampu meningkatkan metabolisme tubuh.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif