Soloraya
Kamis, 5 September 2013 - 07:03 WIB

PILKADES WONOGIRI : Pemdes Ubah Beberapa Tata Cara Pilkades

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pilkades (Dok/JIBI/Solopos)

Ilustrasi Pilkades (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, WONOGIRI –– Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes) Sekretariat Daerah (Setda) Wonogiri mengubah beberapa tata cara dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Tahap II Tahun 2013.

Advertisement

Perubahan tersebut di antaranya ada simulasi untuk pencoblosan surat suara, pencetakan surat suara yang dilakukan di satu tempat dan aturan pelipatan kertas suara. Hal itu diungkapkan Kepala Bagian Pemdes, Sriyono, saat memberikan pengarahan tentang pelaksanaan Pilkades Tahap II Tahun 2013 di Ruang Data Setda Wonogiri, Rabu (4/9/2013).

“Dalam Pilkades Tahap II ini, ada beberapa tata cara yang kami ubah. Kami berharap ketentuan baru tersebut bisa mengantisipasi agar tidak muncul permasalahan seperti pilkades sebelumnya.”

Ia menambahkan terdapat 15 desa di sembilan kecamatan yang akan menyelenggarakan Pilkades Tahap II Tahun 2013. Sementara itu, Inspektur Pembantu Bidang Pemerintahan dan Aparatur Wonogiri, Heru Pratiknyo, mengatakan hasil pemeriksaan pelaksanaan pilkades sebelumnya yang bermasalah telah selesai. Pilkades tersebut di Desa Baturetno, Kecamatan Baturetno; Desa Pandan, Kecamatan Slogohimo dan Desa Mojoreno, Kecamatan Sidoharjo.

Advertisement

“Hasil pemeriksaan dari tiga lokasi pilkades tahap I tahun 2013 telah selesai dan kami serahkan ke Bupati sebagai pengambil kebijakan. Terkait itu, kami berharap dalam pilkades selanjutnya tidak terulang kembali. Seperti saat penentuan DPS [daftar pemilih sementara] menjadi DPT [daftar pemilih tetap] agar dicermati sehingga warga yang meninggal dunia tidak masuk dalam daftar pemilih,” ujarnya.

Menurutnya, hal itu rentan untuk dimanfaatkan berbagai pihak yang tidak bertanggung jawab sehingga bisa memicu terjadinya konflik. Selain itu, pihaknya juga berpesan untuk berhati-hati dalam pelipatan kertas suara yang juga rentan konflik, seperti yang terjadi di Desa Baturetno, Kecamatan Baturetno.

Hal Baru dalam Pilkades Tahap II Tahun 2013:

Advertisement

Sumber: Bagian Pemdes Wonogiri

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif