Lifestyle
Selasa, 3 September 2013 - 17:51 WIB

Tak Disadari, Kebiasaan Ini Rusak Gigi Anda

Redaksi Solopos.com  /  Maya Herawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Waspadai kebiasaan menguyah permen bisa merusak gigi Anda. (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Waspadai kebiasaan menguyah permen bisa merusak gigi Anda. (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Harianjogja.com-Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, seperti dengan rutin menyikat gigi dan flossing. Sayangnya kebiasaan sehat ini bisa hilang manfaatnya jika kita masih sering melakukan kebiasaan yang merusak gigi.

Advertisement

Berikut delapan kebiasaan sehari-hari yang dapat membahayakan kesehatan gigi, seperti dilansir Periclean, Selasa (3/9/2013):

1. Makan permen dan camilan manis lain
Konsumsi makanan manis diketahui dapat membahayakan gigi, sebab bakteri dalam mulut yang memakan gula akan menghasilkan asam yang menggerogoti enamel pelindung gigi. Selain itu, permen yang lengket dan kenyal juga bisa menempel dan terjebak di dalam gusi.

2. Mengonsumsi minuman manis dan alkohol
Minuman manis tertentu seperti minuman soda dan jus buah dalam kemasan juga dapat membahayakan kesehatan enamel gigi Anda. Fakta lainnya, sifat asam pada alkohol diketahui bisa menggerogoti gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

Advertisement

3. Merokok
Tahukah Anda bahwa merokok tak hanya buruk bagi paru-paru, tetapi juga untuk gigi Anda? Selain gigi menguning, kebiasaan ini juga dapat mengikis gusi dan jaringan lunak di dalamnya. Hal ini meningkatkan risiko Anda untuk terkena penyakit tertentu, seperti misalnya kanker mulut.

4. Mengunyah es batu
Setelah minuman dalam gelas habis, biasanya Anda akan mengunyah es batu yang terdapat di dalamnya. Padahal mengunyah es batu dapat menimbulkan pengikisan sedikit demi sedikit pada lapisan enamel gigi. Selain itu, jika Anda sebelumnya sudah memiliki kerusakan gigi, maka kebiasaan mengunyah es batu dapat membuatnya semakin parah.

5. Membiarkan mulut kering
Anda perlu air liur untuk bisa membersihkan mulut dari zat asam. Jika pada dasarnya Anda memiliki masalah kering pada mulut, maka Anda sebaiknya banyak minum air putih untuk membantu proses pembersihan zat asam dari dalam rongga mulut.

Advertisement

6. Olahraga tanpa kewaspadaan
Olahraga merupakan aktivitas yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, namun jika Anda tak berhati-hati aktivitas ini justru membahayakan gigi Anda. Jika Anda tak sengaja terjatuh, maka bisa dipastikan gigi Anda juga akan berisiko untuk terluka, longgar, atau bahkan rusak.

7. Mengeram atau ‘menggigit’ gigi
Saat stres, tidur, atau mungkin saat sedang cemas, beberapa orang memiliki kebiasaan untuk mengeram atau menggigit gigi. Selain bisa mengikis lapisan enamel gigi, kebiasaan ini juga bisa melukai gusi Anda.

8. Mengonsumsi obat-obatan tertentu
Obat memang diperlukan untuk membantu mengatasi masalah kesehatan, namun sayangnya konsumsi obat terlalu sering dapat menyebabkan mulut kering atau mengikis enamel Anda. Jika Anda ingin tetap menjaga kesehatan gigi saat dalam masa konsumsi obat, konsultasikan obat yang Anda dapatkan ke dokter gigi dan mintalah cara untuk meminimalisasi risiko kerusakan gigi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif