Tabung Gas Meledak, Rumah di Ngargoyoso Karanganyar Ludes Terbakar

Ilustrasi Rumah Terbakar (Dok/JIBI/Solopos)Ilustrasi Rumah Terbakar (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KARANGANYAR — Sebuah rumah milik Endang Johari Budi Utomo, 80, warga RT 002/RW 007 Dusun Segondang, Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar ludes dilalap api pada Selasa (3/9/2013) sekitar pukul 08.00 WIB.  Penyebab kebakaran tersebut lantaran tabung gas elpiji meledak.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, menyebutkan kejadian bermula ketika korban memasak di dapur. Tiba-tiba tabung gas elpiji diketahui bocor. Korban langsung bergegas mencari karung goni untuk meyumbat kebocoran tabung gas elpiji tersebut. Seketika tabung gas elpiji tersebut langsung meledak dan membakar seluruh isi rumah korban. Untungnya, saat tabung gas meledak, posisi korban berada di luar rumah.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Aji Pratama Heru K, mengatakan saat kejadian, korban hanya sendirian di dalam rumah. Kobaran api cepat menjalar lantaran sebagian rumah korban terbuat dari kayu.

“Untungnya korban berada di luar rumah sehingga tak ada korban jiwa. Penyebab kebakaran lantaran tabung gas elpiji bocor dan meledak.”

Warga setempat langsung berupaya memadamkan kobaran api dengan peralatan seadanya. Sementara warga lainnya melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Ngargoyoso yang diteruskan ke BPBD Karanganyar. Tak berselang lama, petugas pemadam kebakaran (damkar) mendatangi lokasi kejadian untuk memadamkan si jago merah.

Satu unit damkar diterjunkankan ke lokasi kejadian untuk menjinakkan kobaran api. Proses pemadaman berlangsung sekitar kurang lebih satu jam. “Saat ini korban mengungsi di rumah kerabat keluarganya untuk sementara. Tak ada yang tersisa seluruh perabotan di dalam rumah ludes terbakar,” terang Heru.

Kerugian akibat kebakaran tersebut sekitar kurang lebih Rp200 juta lantaran seluruh perabotan rumah tangga antara lain kulkas, sofa dan televisi hangus terbakar.

Editor: | dalam: Karanganyar |
Iklan Cespleng
Menarik Juga »