Soloraya
Selasa, 3 September 2013 - 13:45 WIB

PEMBAGIAN BLSM : Pembagian BLSM di 24 Kecamatan Wonogiri Mulai 8 September

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menerima bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM). (Dok/JIBI/Solopos)

Menerima bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM). (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, WONOGIRI–Pembagian bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) Tahap II di 24 kecamatan di Kabupaten Wonogiri bakal dimulai serentak, Minggu (8/9/2013).

Advertisement

Sebelumnya, pembagian BLSM untuk 2.867 warga miskin Kecamatan Wonogiri telah dilaksanakan Senin-Selasa (2-3/9/2013).

Pejabat Satuan Tugas (Satgas) BLSM Wonogiri, Moch Angsori, mewakili Kepala Kantor Pos Wonogiri, Sofiyan Saleh, mengatakan berbagai persiapan sudah dilakukan untuk memulai penyaluran BLSM Tahap II di 24 kecamatan pada Minggu depan hingga sekitar lima hari berikutnya.

Menurutnya, tidak banyak yang berubah dalam pembagian BLSM tahap ini. “Sama, penerimanya sama seperti tahap I, mekanisme membagian juga sebagian besar sama. Yaitu penerima datang ke kantor desa/kelurahan atau ke kantor pos sesuai kesepakatan yang sudah berlaku saat pembagian BLSM Tahap I yang lalu,” jelas Angsori, saat ditemui Solopos.com, di sela-sela pembagian BLSM Tahap II untuk warga Kecamatan Wonogiri di Kantor Pos Wonogiri, Selasa (3/9/2013).

Advertisement

Sistem Online

Namun, Angsori menambahkan, ada hal beda dalam pembagian BLSM Tahap II, yakni digunakannya sistem online untuk menggantikan sistem manual yang sebelumnya berlaku. Untuk pembagian BLSM kali ini, petugas menggunakan scanner untuk memasukkan data nomor kartu perlindungan sosial (KPS) yang telah digunakan pemiliknya untuk mengambil jatah mereka senilai Rp300.000.

Menurut dia, penerapan sistem online menguntungkan karena membuat pelaksanaan pembagian BLSM menjadi lebih mudah dan efektif. Selain itu, laporan ke Pusat juga lebih mudah sehingga meringankan pekerjaan petugas. Hanya saja, Angsori mengakui penerapan sistem online sulit diberlakukan di beberapa kecamatan yang kurang leluasa mengakses jaringan internet.

Advertisement

“Ya misalnya, Kecamatan Kismantoro, Paranggupito, Karangtengah. Itu kemungkinan masih manual. Scan dilakukan sendiri oleh petugas pos setelah selesai pembagian. Kebetulan yang Kismantoro itu lokasi pembagian dekat dengan kantor pos setempat,” imbuhnya.

Sementara itu, secara umum Angsori memastikan pembagian BLSM Tahap II berjalan lancar. Sedangkan untuk 800-an penerima pengalihan BLSM hingga saat ini belum dipastikan kapan dapat menerima KPS. Menurut dia, saat ini proses pencetakan KPS bagi penerima pengalihan itu sedang berjalan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif