Soloraya
Minggu, 1 September 2013 - 13:24 WIB

Wanda-Kelvina Sabet Gelar Duta Wisata Sukowati 2013

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pasangan Duta Wisata Sukowati 2013, Wanda Ratriatmoko dan Kelvina Sukowati Putri saat malam grand final pemilihan duta wisata 2013 di Gedung Kartini, Sragen, Sabtu (31/8/2013). (Ika Yuniati/JIBI/Solopos)


Pasangan Duta Wisata Sukowati 2013, Wanda Ratriatmoko dan Kelvina Sukowati Putri saat malam grand final pemilihan duta wisata 2013 di Gedung Kartini, Sragen, Sabtu (31/8/2013). (Ika Yuniati/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SRAGEN —  Wanda Ratriatmoko, 21, dan Kelvina Sukowati Putri,18, terpilih menjadi Duta Wisata Sukowati 2013 setelah berhasil menyisihkan 38 finalis lainnya dalam malam grand final pemilihan Duta Wisata 2013, di Gedung Kartini, Sragen, Sabtu (31/8/2013).

Advertisement

Salah satu dewan juri, Damai Tatag Prabowo, Sabtu, mengatakan keduanya terpilih sebagai Duta Wisata Sukowati 2013 karena memenuhi hampir semua kriteria yang disyaratkan oleh panitia. Salah satu penilaian tertinggi dari keduanya ialah performa yang maksimal saat di atas panggung serta intelejensia yang melebihi finalis lainnya.

Penilaian pemenang Duta Wisata Sukowati 2013, menurut Damai tak hanya dilakukan saat malam grand final. Penilaian dilakukan sejak masa karantina hingga malam penganugerahan pemilihan duta wisata tersebut. Saat malam pemilihan duta wisata, semua finalis mengenakan kostum beskap dan kebaya dengan tema Kemilau Pesona Jawa.

“Kami melakukan penilaian ini secara objektif dan terbuka. Keduanya memiliki intelejensia dan performa yang pas.”

Advertisement

Tak hanya Damai, malam grand final yang menghadirkan 40 finalis putra dan putri itu juga mendatangkan tiga orang lainnya yang didaulat sebagai dewan juri, mereka ialah Djoko Suyanto, Hari Indra dan Yayuk Mugi Rahayu. Malam grandfinal dibagi dalam dua sesi, sesi pertama ialah babak penyisihan dari 40 finalis menjadi 20. Selanjutnya, pada sesi kedua, ke-20 finalis tersebut langsung diseleksi menjadi juara I hingga III.

Selain memilih duta wisata baru, malam grand final yang juga dihadiri sejumlah duta wisata sebelumnya itu juga mengukuhkan para finalis terpilih menjadi Putra dan Putri Fotojenik, Persahabatan, Intelejensia, Busana Terbaik serta Putra maupun Putri Favorit. Peraih gelar duta wisata putri, Kelvina, menyabet dua gelar tambahan sekaligus sebagai Duta Wisata Persahabatan dan Intelejensia.

Para pemenang mendapatkan hadiah berupa tropi dan uang pembinaan. Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga, Harjuno Toto, mengklaim pelaksanaan pemilihan duta wisata tahun ini berlangsung sukses. Selanjutnya, para duta wisata bakal  mempersiapkan diri untuk pemilihan duta wisata Jawa Tengah serta melaksanakan tugas mereka mempromosikan pariwisata setahun ke depan.

Advertisement

Pemenang duta wisata putra, Wanda, mengaku bahagia dengan apa yang ia raih. Selanjutnya, sebagai duta wisata, ia ingin lebih mengembangkan potensi pariwisata di Kabupaten Sragen ke berbagai lini. Ia juga bertekad mengembangkan kembali sejumlah budaya lokal di Kabupaten Sragen yang kini mulai redup. “Suatu saat, Sragen bisa mengadakan karnaval budaya untuk mempromosikan batik agar semakin dikenal,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif