Lifestyle
Sabtu, 31 Agustus 2013 - 17:44 WIB

Waspadalah, Dehidrasi Bisa Sebabkan Kematian Anak-Anak

Redaksi Solopos.com  /  Maya Herawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Orangtua harus waspada, dehidrasi bisa sebabkan kematian anak. (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Orangtua harus waspada, dehidrasi bisa sebabkan kematian anak. (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Harianjogja.com, SLEMAN-Orangtua saat ini memang sudah mulai sadar akan pentingnya kesehatan dan tumbuh kembang anak. Terlebih mereka yang tinggal diperkotaan. Mereka sudah mulai suka membaca buku sebagai penuntun atau referensi untuk memenuhi kebutuhan anak.

Advertisement

Meskipun demikian, Dosen Ilmu Kesehatan Anak Divisi Nutrisi dan Penyakit Metabolik Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Endang Tatar mengatakan belum semua ibu-ibu paham akan kebutuhan nutrisi anak. Sebab masih banyak orang tua yang hanya memberikan karbohidrat pada anak.

“Ada survei dari Household Health Survey yang menyatakan 60% anak di Indonesia kekurangan zat besi. Bahkan di DI Yogyakarta dan Solo kami masih menemukan anak-anak yang kekurangan zat besi protein dan vitamin,” kata Endang saat acara Pocari Sweat Conference 2013 di Ballroom Sheraton Jogja, Sabtu (31/8/2013).

Endang menambahkan, kebanyakan ibu-ibu masih meberikan nasi dengan air rebusan sayur dan daging sapi. Padahal yang dibutuhkan anak sebenarnya sayura dan daging sapi itu sendiri. Makanya masih banyak anak yang kekurangan zat besi.

Advertisement

“Kekurangan zat besi membuat terserang anemia atau kurang darah. Hal ini mempengaruhi perilaku anak. Dia akan lebih bersifat frontal,” jelas Endang.

Di sisi lain, Dosen Fakultas Kedokteran UGM, Zaenal memaparkan penyebab kematian pada anak di Indonesia yang terbesar adalah kekurangan cairan. Hal ini berdasarkan riset kesehatan dasar yang dilakukan oleh Kemenkes Badan Litbangkes 2007.

“Salah satu penyebab dehidrasi ini cukup berat adalah diare. Namun masih banyak orang tua yang menganggap remeh penyakit diare ini,” jelas Zaenal.

Advertisement

Head of Scientific and Consumer Care PT Amerta Indah Otsuka, Widya Palupi mengatakan acara Pocari Sweat Conference 2013 di Jogja ini merupakan yang kesepuluh. Acara ini mengundang nutrisionis, pekerja kesehatan, akademisi dan konsumen.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif