Lifestyle
Sabtu, 31 Agustus 2013 - 13:49 WIB

Jus Tingkatkan Resiko Diabet, Mengapa?

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi

Solopos.com, SOLO–Buah-buahan utuh yang segar diketahui dapat menghalangi risiko diabet, terutama blueberry, anggur, apel dan pir. Namun mengapa jika buah diolah menjadi jus justru dapat meningkatkan risiko diabet?

Sebuah penelian kesehatan besar yang dilakukan di Amerika Serikat dengan diikuti oleh dua negara lain yakni Inggris dan Singapura menunjukkan data dari hasil investigasinya.

Advertisement

Lebih dari 187.000 perawat dan pengasuh profesional selama bertahun-tahun kesehatannya dipantau secara teratur. Mereka diharuskan untuk menjawab kuisioner yang meliputi: kebiasaan makan, berat badan, merokok aktivitas fisik dan gaya hidup lainnya.

Sekitar 6,5 persen dari relawan mengembangkan kajian mengenai diabetes selama studi tersebut. Orang-orang yang makan setidaknya dua porsi buah-buahan terutama blueberry, anggur dan apel akan berkurang risiko diabetes tipe 2 sebanyak 23 persen, dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi kurang dari satu porsi dalam sebulan.

Asisten Profesor nutrisi di Harvard School of Publik Health, Qi Sun sebagaimana yang dimuat oleh news.co.au, Sabtu (31/8/2013), mengatakan “Temuan kami menunjukkan bahwa buah-buahan tertentu mungkin sangat bermanfaat untuk menurunkan risiko diabetes.”

Advertisement

Disisi lain, mereka yang mengonsumsi satu atau dua porsi jus buah setiap harinya dapat meningkatkan 12 persen risiko diabet. British Medical Journal (BMJ) yang menerbitkan The Paper mengatakan bahwa perbedaan yang signifikan tersebut karena meski nilai gizi dari buah utuh dan jus buah adalah sama namun bentuknya berbeda. Perbedaannya adalah buah utuh berbentuk makanan semi-padat, sedangkan jus sudah menjadi cairan.

“Cairan melewati lambung ke usus lebih cepat dibanding saat masih utuh, bahkan jika kandungan nutrisinya sama,” terang The Paper.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif