News
Jumat, 30 Agustus 2013 - 23:14 WIB

ROBBY SUMAMPOW MUALAF : Ribuan Orang Berbusana Putih Padati Benteng Vastenburg

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ribuan warga mengikuti Selawat Akbar dan Halalbihalal di Benteng Vastenburg, Solo, Jumat (30/8/2013) malam. Acara tersebut dihadiri para pejabat kota, tokoh lintas agama, serta tokoh masyarakat se-Solo Raya. (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Sekitar 30.000 orang yang berpakaian putih, Jumat (30/8/2013) malam, memenuhi sekitar 2 hektare lahan dalam Benteng Vastenburg, Solo. Mereka menghadiri acara Selawat Akbar dan Halalbihalal Masyarakat Soloraya bersama Habib Syech dan Robby Sumampow.

Kawasan Benteng Vastenburg itu memang milik Robby Sumampow yang beberapa waktu lalu dikabarkan menjadi mualaf. Tak lama setelah beredarnya kabar itu, beredar pula rencana pergelaran selawat akbar yang diselenggarakan Ahbabul Musthofa, Sosialita Solo, Himpunan Fuqing, dan sejumlah kelompok pendukung lain di Kota Solo.

Advertisement

Alhasil, rombongan pejalan kaki yang mengenakan pakaian putih-putih pun terlihat berduyun-duyun di sepanjang Jl. Jenderal Sudirman, Jumat malam. Mereka berbarisan rapi menuju Benteng Vastenburg yang telah dipenuhi jemaah sejak pukul 18.30 WIB.

Hujan deras yang sempat mengguyur kawasan Benteng selama beberapa kali tidak menyurutkan semangat para jemaah yang berasal dari Kota Solo dan sekitarnya untuk ikut berselawat bersama Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf. Seorang pengunjung, Sri Mulasih, 45, mengaku berangkat pukul 18.00 WIB dan tiba di benteng pukul 19.00 WIB karena ingin mendapatkan tempat duduk di depan panggung. Wanita berjilbab cokelat itu datang bersama rombongan yang berjumlah 16 jemaah dari Sraten, Gatak, Sukoharjo. “Kami selalu datang saat ada acara selawatan dengan Habib Syech,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Habib Syech terlihat duduk di barisan terdepan panggung acara yang menghadap ke selatan. Di sampingnya terlihat beberapa tokoh Kesunanan Surakarta Hadiningrat seperti K.G.P.H. Panembahan Agung Tedjowulan dan G.P.H. Dipokusumo. Tampak hadir pula dalam acara itu Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo beserta tokoh-tokoh masyarakat Kota Solo.

Advertisement

Puluhan warga nonmuslim Kota Solo yang merupakan sejawat Robby Sumampow juga tampak turut menghadiri acara selawat dan halalbihalal tersebut. Bahkan mereka turut menjadi panitia penyelenggaraan acara.

“Solo sebagai Kota Selawat lebih membudayakan apa yang menjadi aktivitas warga Solo. Apa yang terjadi pada Senin kemarin [di Keraton Solo] bisa diselesaikan secara musyawarrah mufakat,” ucap Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo dalam sambutannya pada acara selawatan itu.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif