News
Jumat, 30 Agustus 2013 - 14:20 WIB

KAPAL PERANG : PT PAL Menangi Tender Produksi Kapal AL Filipina

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/dok)

KRI Banda Aceh, kapal perang jenis landing platform dock (LPD) milik TNI AL yang dibuat oleh PT PAL Indonesia di Surabaya. PT PAL menjadi pemenang tender pengadaan kapal sejenis dari Kementerian Pertahanan Nasional Filipina untuk kebutuhan AL Filipina. (JIBI/SOLOPOS/dok)

Solopos.com, MANILA – Salah satu BUMN strategis Indonesia bidang kelautan, PT PAL, sukses memenangi tender pengadaan kapal angkut serba guna bagi Angkatan Laut Filipina. Kementerian Pertahanan Nasional Filipina (DND) dalam pernyataan yang dikutip manilastandardtoday.com, Kamis (29/8) menyebutkan, nilai kontrak itu sebesar 4 miliar peso atau lebih kurang Rp978,9 miliar untuk pembangunan dua kapal serba guna atau multirole vessel (MRV).
Advertisement

Ketua Komisi Pengadaan DND, Efren Fernandez, menyebut PT PAL Indonesia adalah satu-satunya peserta tender yang memenuhi syarat dengan nilai pengajuan 3.863.999.520 peso. Kapal serba guna yang dimaksud dipersyaratkan mampu mengangkut 500 personel militer atau satu batalyon beserta peralatan dan perbekalan, memiliki landasan helikopter serta fasilitas medis untuk penanggulangan bencana dan tanggap darurat bencana.

Menilik persyaratan ini dan kemampuan PT PAL Indonesia, bisa dipastikan kapal yang akan dibangun sekelas dengan landing platform dock (LPD) Kelas Makassar seperti yang sudah dimiliki TNI AL. Kapal LPD yang dimiliki Indonesia seperti KRI Makassar dan KRI Banda Aceh memiliki berat 8.400 ton dengan panjang 125 meter.

Diberitakan, peserta tender kapal perang ini di antaranya patungan antara Astartez Defense and Rescue Solution Co. dan Coastal Industries PTE. LTD.; PROPMECH Corporation; Daewoo International Corp. (Daesun – Korea Selatan); Larsen and Toubro (India); Stone of David Tactical Equipment Co.; STX Off-Shore Shipbuilding Co. (Korea); Keppel Philippines Marine, Inc.; and PT Citra Shipyard.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif