Soloraya
Kamis, 29 Agustus 2013 - 20:45 WIB

PT Jamsostek Tanggung Biaya Operasional Ambulans di RSUD Pandan Arang

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BOYOLALI--PT Jamsostek bakal menanggung biaya operasional ambulans yang sudah diserahkan kepada RSUD Pandan Arang Boyolali untuk melayani peserta Jamsostek yang mendapatkan penanganan program Trauma Center (TC) di rumah sakit itu.

Sesuai ketentuan yang berlaku, biaya operasional yang ditanggung PT Jamsostek saat ambulans digunakan baik untuk menjemput pasien maupun mengantar pasien setelah sembuh, maksimal Rp750.000 per kasus kecelakaan.

Advertisement

Hal itu disampaikan Kepala PT Jamsostek Cabang Klaten, Hasan Fahmi, kepada solopos.com, Kamis (29/8/2013).

Sebagai informasi, bertepatan dengan peringatan HUT ke-68 Kemerdekaan RI, Sabtu (17/8), PT Jamsostek menyerahkan mobil ambulans kepada RS Pandan Arang yang diterima Bupati Boyolali, Seno Samodro, dan diteruskan kepada Direktur RSUD Pandan Arang.

Diungkapkan Fahmi, meskipun pemberian bantuan ambulans itu sifatnya hibah, jika digunakan untuk menangani program TC, biaya operasionalnya tetap ditanggung oleh PT. Jamsostek.

Advertisement

Ditambahkan dia, dipilihnya Boyolali sebagai penerima bantuan ambulans Jamsostek tahun ini salah satunya untuk antisipasi pertumbuhan tenaga kerja ke depan karena Boyolali memiliki potensi yang besar dengan dibukanya kawasan industri baru oleh pemerintah seluas 1.000 hektare (ha) yang direncanakan dengan kapasitas daya serap tenaga kerja kurang lebih 75.000 orang.

Sebagai pendukung program TC, Fahmi berharap apabila terjadi kasus kecelakaan kerja, ambulans bantuan Jamsostek tersebut dapat digunakan untuk memberikan pelayanan sistem jemput bola. Selain sebagai sarana transportasi juga dilengkapi dengan fasilitas penanganan TC dan kondisi darurat lainnya, “Bahkan tersedia peralatan dan fasilitas untuk tindakan operasi,” terang Fahmi.

Kepala Bidang Pemasaran PT Jamsostek Kantor Cabang Klaten, Sri Sudarmadi menambahkan sebagai tindak lanjut penyerahan ambulans tersebut, Kamis (29/8), diadakan sosialisasi tentang Program TC kepada Manajemen dan Staf RS Pandan Arang.

Advertisement

“Tujuannya memaksimalkan implementasi kerjasama PT. Jamsostek dengan RS Pandan Arang dalam menjalankan program trauma center untuk peserta Jamsostek khususnya dan masyarakat Boyolali pada umumnya,” paparnya.

Setelah sosialisasi kepada RS Pandanarang sebagai pelaksana pelayanan kesehatan, Sri menambahkan akan diadakan sosialisasi khususnya kepada pihak perusahaan dan tenaga kerja.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif