Soloraya
Rabu, 28 Agustus 2013 - 19:31 WIB

SELEKSI ANGGOTA KPU WONOGIRI : Honor Naik, Animo Pendaftar Diprediksi Tinggi

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WONOGIRI--Animo masyarakat untuk mendaftar sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri cukup tinggi. Diprediksi, hal itu dipengaruhi naiknya honor anggota KPU periode kali ini. Sebab, hingga penutupan pendaftaran pada Selasa (27/8), ada 51 orang yang telah mengembalikan formulir pendaftaran.

Salah satu Staf Sekretariat Tim Seleksi KPU Wonogiri, Nur Susilaningsih, mengatakan berdasarkan pendaftaran pada 20 hingga 23 Agustus, ada 70 orang yang mengambil formulir pendaftaran di Sekretariat Tim Seleksi. Saat pengembalian formulir pada 23 hingga 27 Agustus, ada  51 orang yang melengkapi berkas pendaftaran.

Advertisement

“Kali ini, jumlah peminat memang lebih tinggi dibanding seleksi anggota KPU lima tahun lalu. Dulu, tidak sampai 50 orang yang mendaftar. Penyebab naiknya animo masyarakat, saya sendiri kurang tahu. Siang ini [Rabu (28/8)], baru kami rapatkan untuk pengecekan administrasi,” katanya saat ditemui di KPU Wonogiri, Rabu.

Setelah pengecekan administrasi, lanjut dia, hasilnya diumumkan pada 31 Agustus. Selanjutnya ada tes kesehatan meliputi kesehatan jasmani dan rohani, serta bebas narkoba. “Lalu ada ujian tertulis pada 8 September di SMA Pancasila Wonogiri dengan materi dari pemerintah pusat tentang kepemiluan, undang-undang, dan politik. Dari tes tertulis itu, diambil 20 orang terbaik,” ujarnya.

Kemudian, imbuh Nur, diteruskan tes wawancara pada 9 hingga 12 September dan diskusi terarah pada 12 hingga 15 September. Dari seleksi itu, diambil 10 orang terbaik yang akan diusulkan ke KPU Provinsi Jawa Tengah (Jateng) pada 27 September.

Advertisement

“Dari sepuluh orang yang kami usulkan, KPU Provinsi Jateng akan menyeleksi menjadi lima orang. Mereka lah yang akan dijadikan anggota KPU Wonogiri dengan pengumuman hasil akhir pada akhir September 2013,” imbuhnya.

Di sisi lain, Sekretaris KPU Wonogiri, Agung Eko Nugroho, menyatakan gaji anggota KPU di Kabupaten/kota dipastikan naik pada periode kali ini. Namun, ia tidak berani menyimpulkan apakah hal itu menjadi faktor utama naiknya pendaftar anggota KPU.

“Dari informasi yang saya dengar, honor untuk ketua dan anggota KPU pada periode mendatang memang naik. Untuk honor Ketua KPU, dari Rp4 juta menjadi Rp6,8 juta. Sedangkan honor anggota KPU yang sebelumnya Rp3 juta menjadi Rp5,55 juta. Pembayaran honor itu dari APBN. Terkait banyaknya pendaftar karena faktor tersebut, kami tidak tahu pasti. Tapi, hal itu mungkin saja,” katanya saat dijumpai wartawan di KPU Wonogiri, Rabu.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif