Soloraya
Senin, 29 April 2024 - 06:47 WIB

DPMPTSP Kota Surakarta Buka Layanan Malam Hari di Mangkubumen dan Nusukan

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petugas Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Solo membantu warga membuat nomor induk berusaha di Kelurahan Mangkubumen, Kecamatan Banjarsari, Solo, Kamis (25/4/2024) petang. Layanan publik sampai malam hari untuk memudahkan pekerja maupun pengusaha. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO— Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Surakarta menyediakan layanan malam hari bagi warga Solo di Kelurahan Mangkubumen dan Nusukan, Kecamatan Banjarsari, Surakarta.

Layanan malam itu terpadu dengan layanan malam hari di Kelurahan Mangkubumen dan Nusukan. Dua kelurahan itu biasa memberikan layanan malam hari sejak awal 2024 terkait administrasi dan kependudukan. Kini jenis layanannya bertambah terkait DPMPTSP.

Advertisement

Petugas DPMPTSP Kota Surakarta memberikan layanan setiap Senin dan Kamis pukul 17.00 WIB sampai 19.00 WIB. Ada empat petugas DPMPTSP Kota Solo yang bertugas di satu kelurahan secara bergiliran.

Ketua RT 002 RW 004 Kelurahan Mangkubumen, Joko Hartono, 61, datang untuk mengurus nomor induk berusaha (NIB) dari usahanya di rumah, Kamis (25/4/2024) petang.

Advertisement

Ketua RT 002 RW 004 Kelurahan Mangkubumen, Joko Hartono, 61, datang untuk mengurus nomor induk berusaha (NIB) dari usahanya di rumah, Kamis (25/4/2024) petang.

Joko datang membawa KTP kemudian menyampaikan e-mail kepada petugas untuk dibantu pendaftaran melalui laman resmi Online single submission (OSS).

Sambil proses pendaftaran, Joko mendapatkan penjelasan pentingnya NIB dari petugas DPMPTSP Kota Surakarta. NIB seperti NIK pada KTP, dengan NIB, masyarakat bisa mendapatkan berbagai manfaat, sebagai contoh mempermudah akses kredit usaha rakyat (KUR), memperoleh pelatihan, memperoleh program dari pemerintah.

Advertisement

Kepala DPMPTSP Kota Surakarta Andriyani Sasanti mengatakan dinasnya membuat inovasi Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penerbitan Izin Usaha (Pepet Terus). Pepet Terus merupakan inovasi yang memberikan layanan di luar jam kerja saat akhir pekan, layanan malam hari, layanan virtual, dan jemput bola ke rumah khusus warga kelompok rentan.

“Kami berkolaborasi dengan kelurahan yang memberikan layanan malam hari. Mulai dari Kelurahan Nusukan sejak Maret 2024 kemudian Kelurahan Mangkubumen April 2024,” jelas dia.

Dia mengatakan semua warga Surakarta bisa mengakses layanan malam hari di Nusukan dan Mangkubumen mulai dari konsultasi sampai perizinan usaha. Warga bisa mendapatkan layanan lanjutan apabila di kelurahan belum selesai.

Advertisement

“Warga yang datang ke kelurahan biasanya terkait perizinan, sertifikat halal, Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga, dan pembuatan NIB,” ungkap dia.

Menurut dia, Kecamatan Banjarsari dipilih untuk pelayanan malam hari karena sudah ada program serupa dari sejumlah kelurahan. DPMPTSP Kota Surakarta akan mempertimbangkan menambah layanan di kelurahan lainnya apabila ada permintaan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif