Soloraya
Selasa, 27 Agustus 2013 - 11:29 WIB

PAMERAN PRODUK UNGGULAN : Uwi Raksasa Ramaikan Kismantoro Gumregah

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengunjung pameran Kismantoro Gumregah menyaksikan uwi raksasa di salah satu stan di Lapangan Kismantoro, Wonogiri Senin (26/8/2013). Pameran diikuti 17 stan dari 10 desa/kelurahan dan sejumlah sekolah di kecamatan tersebut. (Tika Sekar Arum/JIBI/Solopos)


Pengunjung pameran Kismantoro Gumregah menyaksikan uwi raksasa di salah satu stan di Lapangan Kismantoro, Wonogiri Senin (26/8/2013). Pameran diikuti 17 stan dari 10 desa/kelurahan dan sejumlah sekolah di kecamatan tersebut. (Tika Sekar Arum/JIBI/Solopos)

Solopos.com, WONOGIRI — Uwi atau ubi berukuran raksasa meramaikan pameran produk unggulan desa yang dihelat masyarakat Kecamatan Kismantoro mulai, Senin (26/8/2013).

Advertisement

Uwi itu memiliki panjang 2,7 meter (m). Padahal, uwi biasanya hanya berukuran panjang 12-50 sentimeter (cm).

Selain uwi raksasa, pameran tersebut juga menarik karena menampilkan teknologi yang dikembangkan masyarakat setempat, berupa mesin pencacah rumput.  Pameran bertajuk Kismantoro Gumregah itu diikuti 17 stan dari delapan desa dan dua kelurahan, serta sejumlah sekolah.

Camat Kismantoro, Heru Istianto, mengatakan uwi raksasa adalah tanaman milik warga di Desa Kismantoro.  “Temuan uwi raksasa ini menunjukkan kalau potensi uwi di Kecamatan Kismantoro sangat besar. Masyarakat sebenarnya sangat menanti jika ada pihak luar atau mungkin Pemkab mau membantu mengembangkan,” ungkap Heru, saat dihubungi Solopos.com, Senin (26/8/2013).

Advertisement

Selain potensi uwi, di Desa Plosorejo, kecamatan setempat, ada produksi mesin pencacah rumput. Menurut Heru, dua potensi itu ditambah potensi lain menunjukkan begitu banyaknya potensi yang patut dikembangkan. Hal senada diakui Kabid Perdagangan, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Wonogiri, Joko Pramono.

Joko menilai pameran yang baru kali pertama dihelat itu layak kembali dihelat pada tahun depan. Apalagi, antusiasme pengunjung begitu besar, ditandai dengan jumlah pengunjung pameran yang pada Senin menembus angka 2.500-an orang. Pameran akan dihelat sampai Selasa (27/8), namun penyelenggaran tengah mempertimbangkan untuk menambah waktu pelaksanaan mengingat banyaknya peminat.

Anggota DPRD dari Kismantoro, Indah Retnowati, menilai upaya mengembangkan potensi desa yang salah satunya didukung Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) di Kismantoro berhasil mengkaver program pemberdayaan. Hasilnya, berbagai produk unggulan dihasilkan masyarakat. Sebagai gambaran, selama ini UPK PNPM Mandiri Pedesaan Kismantoro bisa menorehkan surpulus Rp223,8 juta yang disalurkan untuk tambahan modal, beasiswa, subsidi rehab rumah, fasilitas MCK, bantuan kambing, dan sembako.

Advertisement

Didampingi Koordinator PNPM Kismantoro, Andi Vitala, Indah menyebutkan khusus untuk tambahan modal digelontorkan Rp63,37 juta, subsidi rehab rumah Rp94,63 juta, dan bantuan kambing Rp8,8 juta. “Kami harap potensi Kismantoro bisa dipasarkan luas ke luar Wonogiri. Dan, semoga bisa membantu mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat,” ujar Indah.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif