Jogja
Minggu, 25 Agustus 2013 - 18:08 WIB

MUSIM KEMARAU : Anak-anak Rentan Terkena ISPA

Redaksi Solopos.com  /  Yudi Kusdiyanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi upper respiratory tract infections (URI/URTI) alias infeksi saluran pernafasan atas (ISPA). (JIBI/Harian Jogja/Dok.)

ilustrasi

Harian Jogja.com, JOGJA—Memasuki musim kemarau, penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) semakin mudah menyerang anak-anak. Dinas Kesehatan Kota Jogja mengimbau agar orangtua lebih waspada.

Advertisement

Kepala Seksi Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kota Jogja, Endang Sri Rahayu, mengungkapkan angka anak terserang ISPA khususnya jenis pneumonia atau infeksi paru-paru semakin meningkat. Orang tua harus lebih waspada, karena penyakit ini dapat berakibat fatal pada kematian.

“Meskipun di Jogja belum ada kasus, tapi harus tetap waspada. Trennya meningkat dari sebelumnya,” ucap dia, Minggu (25/8/2013).

Endang mengimbau kepada orangtua jika menemukan gejala pneumonia seperti panas, batuk pilek, dan adanya cekungan pada dinding dada saat menarik nafas agar segera memeriksakan anak.

Advertisement

“Saat ini polusi udara cukup tinggi, apalagi musim kemarau, anak-anak sangat rentan terserang ISPA. Jadi kalau berpergian ya pakai alat pelindung, masker atau yang lain,” imbau Endang.

Dokter RS PKU Muhammadiyah Jogja, Sagiran, juga mengungkapkan adanya kerentanan lebih pada anak untuk terserang pneumonia. Berdasarkan pengalamanya sudah ada beberapa anak meninggal akibat penyakit ini. penyakit ini memang perlu kewaspadaan karena terjadi cukup cepat.

“Berbeda dengan seperti TBC itu kan lama dan itu bisa disembuhkan. Kalau pneumonia ini akut, kejadianya cepat. Jadi harus waspada,” terang dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif