Soloraya
Minggu, 25 Agustus 2013 - 10:56 WIB

KRETEG BANG : Rp1,5 Miliar untuk Ganti Rugi Pelebaran Kreteg Bang

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kreteg Bang (Dok/JIBI/Solopos)

Kreteg Bang (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, WONOGIRI — Pemkab Wonogiri berencana mengalokasikan anggaran senilai Rp1,5 miliar untuk sosialisasi hingga ganti rugi pelebaran jembatan kereta api (KA) di dekat Taman Selopadi atau dikenal dengan Kreteg Bang.

Advertisement

Pelebaran jembatan KA tersebut untuk mendukung transportasi darat KA di Kota Gaplek yang selama dua tahun ini vakum.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Wonogiri, Ismiyanto, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (24/8/2013), mengatakan usulan dana untuk persiapan pelebaran Kreteg Bang sudah masuk dalam Kebijakan Umum Anggaran Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD 2014, senilai Rp1,5 miliar.

“Itu untuk sosialisasi rencana pelebaran, sampai ganti ruginya. Untuk pekerjaan nanti diagendakan tahun 2015. Semoga saja bisa segera beres jadi transportasi darat di Wonogiri makin lengkap,” ungkap Ismiyanto.

Advertisement

Sebelumnya, saat ditemui di ruang kerjanya akhir pekan lalu, Ismiyanto menerangkan rencana pelebaran Kreteg Bang sekaligus membuat bentuk jembatan KA itu lebih lurus. Selama ini rangkaian KA yang melewatinya harus berbelok sangat tajam sehingga sering kali membahayakan. Saat ini ukuran lebar Kreteg Bang hanya 14 meter (m) dan 11 m di sisi kiri dan kanan. Ke depan, setelah proyek pelebaran berjalan, lebar jembatan KA itu menjadi 17 meter di atas jalan Wonogiri-Solo, di Kelurahan Giripurwo, Kecamatan Wonogiri.

Disinggung mengenai luasan lahan warga yang akan digunakan dalam proyek ini, Ismiyanto mengaku belum bisa menjelaskan. Pasalnya, saat ini tahap finalisasi detail enginerring design (DED) tentang perkeretaapian sedang berjalan. Diharapkan akhir tahun ini, DED kelar. “DED tahun ini kami harapkan selesai. Tahun 2014 sosialisasi dan ganti rugi. Lalu, 2015 pekerjaannya. Jadi tahun 2015, KA sudah bisa sampai ke Wonogiri. Untuk urusan dengan tanah warga ditangani Bagian Pertanahan Setda Wonogiri,” imbuh dia.

Telah dimasukkannya anggaran untuk sosialisasi dan ganti rugi lahan proyek pelebaran Kreteg Bang dibenarkan Kepala Bagian (Kabag) Pertanahan Setda Wonogiri, Sularno. Dia mengatakan anggaran tersebut sudah disetujui DPRD Wonogiri dalam KUA-PPAS APBD 2014. Menurutnya, Bagian Pertanahan akan menangani proses ganti rugi lahan bakal pelebaran Kreteg Bang tersebut.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif