Soloraya
Minggu, 25 Agustus 2013 - 07:50 WIB

KREDIT UMKM : BPR Bank Klaten Salurkan Kredit Rp125 M

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Direktur Utama PD BPR Bank Klaten, Ahmad Rozali Sohar, saat memberikan sambutan dalam Gebyar Undian Tabungan Semar PD BPR Bank Klaten yang digelar di halaman bank setempat, Sabtu (24/8/2013). ( Shoqib Angriawan/JIBI/Solopos)


Direktur Utama PD BPR Bank Klaten, Ahmad Rozali Sohar, saat memberikan sambutan dalam Gebyar Undian Tabungan Semar PD BPR Bank Klaten yang digelar di halaman bank setempat, Sabtu (24/8/2013). (
Shoqib Angriawan/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KLATEN—PD BPR Bank Klaten menyalurkan kredit senilai Rp125 miliar untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta pegawai pada 2013. Dari Rp125 miliar itu, sekitar 55% di antaranya khusus digunakan untuk kredit UMKM di Klaten.

Advertisement

Direktur Utama PD BPR Bank Klaten, Ahmad Rozali Sohar, saat ditemui Solopos.com di sela-sela kegiatan Gebyar Undian Tabungan Semar PD BPR Bank Klaten di kantor setempat, Sabtu (24/8/2013), mengungkapkan kredit itu sudah dikucurkan kepada semua UMKM di Klaten hingga 31 Juli.

Besarnya anggaran yang dikucurkan untuk kredit UMKM itu merupakan salah satu bentuk dukungan untuk membentuk masyarakat yang produktif. Oleh sebab itu, pihaknya menganggarkan sekitar 55% dari Rp125 miliar atau sekitar Rp68,75 miliar khusus UMKM. Sedangkan, sisanya sekitar Rp56,25 miliar digunakan untuk kredit pegawai.

Dia mengatakan perbandingan kredit UMKM dan kredit pegawai tahun ini lebih banyak dibandingkan dengan 2012. Tahun sebelumnya, perbandingkan antara kredit UMKM dan kredit pegawai adalah 30:70. “Mayoritas UMKM yang mendapatkan kredit itu yakni yang bergerak di sektor perdagangan dan pertanian,” ungkapnya

Advertisement

Menurutnya, proses pengurusan kredit untuk UMKM sangatlah gampang. Meski demikian, pihaknya perlu meninjau usaha dari UMKM yang mengajukan kredit itu. Nantinya, ada beberapa hal yang menjadi poin penting untuk mendapatkan kredit, di antaranya potensi usaha yang dijalankan. Mengenai kredit macet, hingga 31 Juli lalu mencapai 4%. Jumlah kredit macet itu menurun drastis sejak dua tahun lalu yang mencapai 16%.

Sementara dalam Gebyar Undian Tabungan Semar PD BPR Bank Klaten  panitia menyediakan hadiah senilai sekitar Rp190 juta dalam acara tersebut. Hadiah utama dalam undian itu yaitu satu unit mobil Daihatsu Xenia dan sejumlah hadiah lain di antaranya sepeda motor, LED TV, lemari es, HP, sepeda dan kipas angin. Pengundian langsung dilakukan di kantor setempat dengan menggunakan sistem komputerisasi acak.

Menurutnya, semua nasabah PD BPR Bank Klaten memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan hadiah. Acara itu dihadiri oleh Bupati Klaten, Sunarna, sejumlah pejabat perbankan se-Jawa Tengah dan Yogyakarta serta dihadiri sekitar 500 nasabah.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif