Amin Rais Sebut Ekonomi Indonesia Hancur, Hatta Bilang Maju

Harianjogja.com, JAKARTA-Kondisi ekonomi Indonesia selalu fluktuatif. Tak heran kondisi tersebut melahirkan perbedaan pendapat. Seperti yang terjadi antara Ketua Majelis Pertimbangan PAN Amien Rais dengan Ketum Hatta Rajasa.

Saat memberikan sambutan di HUT PAN ke-15 sekaligus Rakernas II, Amien mengatakan kondisi ekonomi saat ini masih memprihatinkan. Indonesia belum bisa lepas dari kemiskinan, pengangguran dan segudang masalah sosial lainnya.

Amien bahkan menyindir pemerintahan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Menurutnya, bangsa Indonesia hidup bagai jongos (buruh memasak) di negeri sendiri. Indonesia belum merdeka.

“Mohon maaf kalau bahasa saya kasar, sekarang ini bangsa kita jadi jongos di bangsa sendiri. Tidak ada kemandirian, ekologi hancur-hancuran, kurang sustainable,” kata Amien saat memberikan sambutan di acara Rakernas PAN, JCC, Jakarta, Jumat (23/8/2013).

Usai Amien memberikan sambutan sekitar pukul 21.00 WIB, giliran Hatta maju ke podium. Dalam sambutannya, Hatta mengklaim ekonomi Indonesia sudah mapan, meski juga diakuinya masih banyak pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan.

“Kita bersyukur, kemajuan ekonomi kita. 135 juta rakyat juga masuk golongan kelas menengah ke atas, dari data bank dunia. Ini adalah buah reformasi,” kata Hatta.

Menurut Hatta, reformasi agraria merupakan agenda besar PAN di pemerintahan. Reformasi sektor SDA tersebut perlu dilakukan untuk menata sistem perekonomian yang lebih pro rakyat.

“Reformasi agraria adalah agenda besar, guna menata kembali ketimpangan penguasaan, dan pemanfaatan tanah yang lebih berkelanjutan, kesejahteraan rakyat. Jangan biarkan kita menjadi pekerja di kebun kita sendiri. Tidak boleh lagi terjadi ketimpangan,” kata Hatta.
(JIBI/HarianJogja/merdeka.com)

Editor: | dalam: Ekonomi |
Iklan Cespleng
Menarik Juga ยป