Jogja
Kamis, 22 Agustus 2013 - 15:17 WIB

PEMILU 2014 : Satu Caleg Kota Jogja Mengundurkan Diri

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pemilu 2014 (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)

Ilustrasi Pemilu 2014 (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)

Harianjogja.com, JOGJA- Satu calon anggota legislatif dari Kota Jogja memilih mengundurkan diri, sehingga daftar calon tetap yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum setempat pun berkurang dari 363 calon menjadi 362 calon.

Advertisement

“Calon yang bersangkutan tersebut sebenarnya sudah masuk dalam DCS [daftar calon sementara], namun beliau kemudian menyatakan mengundurkan diri dengan alasan pribadi,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jogja, Nasrullah, Kamis (22/8/2013).

Calon anggota legislatif yang mengundurkan diri tersebut berasal dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) daerah pemilihan 2 Yogyakarta atas nama Muhisam.

Atas pengunduran diri tersebut, partai tidak dapat melakukan penggantian calon anggota legislatif dan pengunduran diri tersebut tidak mengubah persyaratan 3O persen keterwakilan perempuan.

Advertisement

Dari total calon anggota legislatif yang telah disahkan tersebut, 145 calon adalah calon perempuan atau telah mencapai 40 persen keterwakilan perempuan.

“Selain pengunduran diri itu, tidak ada perubahan signifikan dalam DCT [daftar calon tetap] yang ditetapkan. Hanya sedikit perubahan foto atau ejaan nama yang dibenarkan,” tuturnya.

DCT yang sudah ditetapkan tersebut, kemudian akan diumumkan ke masyarakat umum dan selanjutkan KPU Kota Jogja akan fokus pada tugas penetapan datar pemilih tetap (DPT).

Advertisement

“Kami juga akan melaporkan penetapan DCT tersebut ke KPU DIY dan KPU RI,” ucapnya.

Sebelumnya, KPU DIY telah menetapkan DCT untuk Pemilu 2014 sebanyak 580 calon atau berkurang satu karena satu calon dari Partai Hanura mengundurkan diri.

“Partai sempat meminta agar calon yang bersangkutan bisa dimasukkan kembali. Tetapi penggantian tidak bisa dilakukan karena penggantian hanya dimungkinkan apabila ada calon yang meninggal dunia,” kata Anggota KPU DIY Mifhtahul Alfin.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif