News
Kamis, 22 Agustus 2013 - 13:25 WIB

KURIKULUM 2013 : Monitoring SD Percontohan Diundur

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Pelaksanaan monitoring pelaksanaan Kurikulum 2013 di 12 SD percontohan diundur dari jadwal yang direncanakan sebelumnya. Monitoring ke seluruh SD percontohan dipastikan berlangsung 9-12 September mendatang.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo berencana melakukan monitoring 12 SD percontohan Kurikulum 2013 pada akhir Agustus. Selain jenjang SD, enam SMP dan sembilan SMA serta SMK percontohan juga akan menjalani monitoring. Kegiatan yang bertujuan mengevaluasi satu bulan pelaksanaan Kurikulum 2013 tersebut melibatkan jajaran Dinas Dikpora Kota Solo dan pengawas setiap sekolah.

Advertisement

Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) SD Disdikpora Kota Solo, Tatik Sudiarti, mengatakan mundurnya jadwal pelaksanaan monitoring karena pihaknya mesti mematangkan proses koordinasi dengan sejumlah pihak terkait. Saat ini, surat pemberitahuan resmi kepada sekolah tujuan sedang ditelaah oleh Kepala Disdikpora Kota Solo.

“Setelahnya baru kami kirimkan kepada 12 sekolah. Kami yakin sekolah lebih siap dengan jadwal yang baru. Sejak terlontar wacana evaluasi, sekolah sudah mulai mempersiapkan diri,” paparnya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (22/8/2013).

Menurut Tatik, monitoring di setiap sekolah akan melibatkan dua satu pengawas dan satu perwakilan dari jajaran Dinas Dikpora Kota Solo. Dalam satu hari, akan ada dua sekolah yang dimonitoring. Selain memeriksa perlengkapan pembelajaran, monitoring juga menyoroti pelaksanaan pembelajaran di kelas serta tanya jawab dengan guru pengampu kelas I dan kelas IV serta kepala sekolah.

Advertisement

Tatik melanjutkan, manajemen kepala sekolah menjadi instrumen tambahan saat monitoring. Tambahan itu melengkapi beberapa instrumen monitoring yang sebelumnya disusun, yakni struktur Kurikulum 2013, alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran (mapel) dan tema, pendidikan karakter, dan teknik penilaian.

Seperti diketahui, 12 SD percontohan Kurikulum 2013 meliputi SDN Tempel, SDN Bayan, SDN Bulukantil, SD Islam Al Abidin, SD Warga, SDN Begalon II, SD Muhammadiyah PK, SDN Kleco I, SDN Kanisius Keprabon I, SD Muhammadiyah 24, SD Al Irsyad, dan SDN Kratonan III. Sementara itu, bidang Dikdas SMP dan Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Disdikpora Kota Solo belum bisa dimintai keterangan tentang perkembangan monitoring sekolah percontohan Kurikulum 2013 masing-masing jenjang.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif