News
Kamis, 22 Agustus 2013 - 02:44 WIB

Krisis Mesir : Pemerintah Susun Prioritas Evakuasi WNI di Mesir

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menko Polhukam Marskal TNI (Pur) Djoko Suyanto (Dok/JIBI)

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah menegaskan kondisi 5.062 WNI yang tinggal di Mesir kini masih aman kendati situasi Negeri Piramida itu kian hari, kian genting. Setelah memastikan jumlah WNI di negeri itu, pemerintah menyusun prioritas evakuasi.

Menteri Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto, Rabu (21/8/2013), menyatakan Kedutaan Besar RI di Kairo telah melaksanakan survei jumlah dan lokasi WNI di Mesir. Sampai Selasa pagi, Kedubes RI di Kairo mencatat ada 5.062 WNI di Mesir yang 4.700 orang di antara mereka tinggal di sekitar Kairo.

Advertisement

Djoko memaparkan Dubes RI untuk Mesir Nurfaizi melaporkan kondisi di Kairo dan wilayah lain di Mesir saat ini kondusif. Aktivitas ekonomi di pertokoan dan pasar sudah mulai bergulir. Kerusuhan dan benturan antarkelompok warga yang berlangsung dalam beberapa hari terakhir menyusul kudeta militer atas Presiden Morsi 3 Juli 2013 lalu juga tidak lagi tampak.

Meski demikian, Djoko Suyanto menegaskan pemerintah tak akan lengah dengan kondisi yang tampak saat ini mengingat situasi bisa berubah sewaktu-waktu. “Kami tetap waspada terhadap dinamika yang berkembang di sana karena bisa berubah setiap saat,” akunya.

Lebih lanjut Menko menjelaskan rencana evakuasi WNI dari Mesir. Pemerintah, menurutnya, akan menetapkan prioritas WNI yang akan dievakuasi. “Karena tidak mungkin, mungkin tidak semua akan pulang. Mereka yang tinggal di tempat aman, mungkin mereka tidak mau pulang,” katanya.

Advertisement

Seperti diberitakan Solopos.com, hampir separuh mahasiswa Indonesia yang tengah belajar di negara yang tengah bergolak itu mengaku enggan pulang ke Indonesia mengingat tuntutan studi mereka. Namun, Djoko memastikan pemerintah telah siap melakukan proses evakuasi dan telah berkoordinasi dengan maskapai-maskapai penerbangan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif