Jogja
Rabu, 21 Agustus 2013 - 11:11 WIB

PIPA AIR MERAPI RUSAK : Pipa Pecah Terlindas Truk Pasir

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Susanti bersama anaknya tengah mengambil air bersih melalui saluran pipa yang bocor akibat terlindas truk pengangkut pasir, Senin (19/8/2013). (JIBI/Harian Jogja/Sunartono)

Susanti bersama anaknya tengah mengambil air bersih melalui saluran pipa yang bocor akibat terlindas truk pengangkut pasir, Senin (19/8/2013). (JIBI/Harian Jogja/Sunartono)

Harianjogja.com, SLEMAN – Puluhan titik saluran pipa air bersih dari mata air Umbul Wadon, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman rusak parah.

Advertisement

Kerusakan disebabkan terlindas truk pasir yang melintas di jalur Tangkisan, meski di lokasi itu sudah ada rambu larangan dilewati truk.

Berdasarkan pantauan Harian Jogja, kerusakan terparah saluran pipa air terjadi di RT 02 RW 03, Dusun Tangkisan, Umbulharjo atau jalur terdekat dari arah ke Kinahrejo.

Rembesan saluran pipa air menggenangi seluruh badan jalan yang juga sudah rusak parah akibat truk pasir.
Warga terdekat dari saluran pipa yang pecah memanfaatkannya untuk mengambil air bersih.

Advertisement

Susanti, warga RT 02 RW 03 Dusun Tangkisan menjelaskan sempitnya jalan membuat truk sering keluar dari jalan.

Truk dari arah Kepuhharjo yang sudah penuh muatan pasir akan menuju Umbulharjo melewati sebelah selatan jalan. Sehingga banyak kejadian truk bermuatan pasir yang melindas pipa saluran air bersih yang kebetulan terpasang di selatan badan jalan.

“Sudah sebelum puasa, sekitar tiga bulan lalu mulai rusak, karena terlindas,” ungkap Susanti saat ditemui Harian Jogja di depan rumahnya, Senin (19/8/2013).

Advertisement

Kerusakan itu membuat warga kesulitan air bersih. Susanti mengakui jika dalam keseharian air yang didapatkan tidak seperti sebelumnya. Bukan karena berkurangnya mata air Umbulwadon, tetapi karena banyak rembesan sehingga banyak air yang terbuang di jalanan.

“Tidak seperti biasanya sekarang agak telat airnya. Padahal mata air itu selalu lancar meski kemarau ,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif