News
Rabu, 21 Agustus 2013 - 11:51 WIB

LEBARAN 2013 : Uang Keluar Rp2,7 Triliun, Uang Masuk Hanya Rp1,4 Triliun

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi pengepakan uang di Bank Indonesia. (JIBI/Harian Jogja/Bisnis Indonesia)

Foto ilustrasi pengepakan uang di Bank Indonesia. (JIBI/Harian Jogja/Bisnis Indonesia)

Harianjogja.com, JOGJA–Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPBI) DIY melaporkan jumlah uang yang masuk sepekan setelah Lebaran 2013 telah mencapai Rp1,4 triliun. Jumlah tersebut cenderung meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Advertisement

Asisten Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DIY, Djoko Raharto mengatakan, setelah Lebaran, uang yang masuk ke KPBI DIY mengalir cukup deras.

Menurut Djoko, sudah menjadi siklus setiap tahunnya, jika sebelum Lebaran jumlah penarikan uang tunai untuk kebutuhan Lebaran cukup tinggi. Dimana pada 2013 ini hingga H-1 mencapai Rp2,7 triliun.

Setelah Lebaran biasanya menjadi momen bagi masyarakat untuk kembali menyimpan dananya di bank.

Advertisement

“Lebaran tahun ini uang yang masuk kembali ke BI termasuk cepat, dimana hingga minggu pertama setelah Lebaran uang yang masuk sudah mencapai sekitar Rp1,4 triliun,” ujarnya, Selasa (20/8/2013).

Sedangkan pada 2011 dan 2012 lalu uang yang masuk selama satu bulan setelah Lebaran hanya berjumlah sekitar Rp1,6 triliun dan Rp1,2 triliun.

Menurut dia, cepat dan tingginya uang masuk ke perbankan di tahun ini terjadi karena aktifitas ekonomi di momen Lebaran tahun ini cukup baik.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif