Lifestyle
Selasa, 20 Agustus 2013 - 14:54 WIB

Kenapa Ya Kecanduan Junk Food, Ini Penyebabnya

Redaksi Solopos.com  /  Maya Herawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi Pria sedang makan junk food (burger). Kecanduan junk food banyak penyebabnya. (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Foto Ilustrasi Pria sedang makan junk food (burger). Kecanduan junk food banyak penyebabnya. (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Harianjogja.com, JAKARTA-Tidak bisa menahan godaan makan cokelat, keripik, french fries atau gorengan? Ternyata ada penyebab orang kecanduan junk food.

Advertisement

Salahkan meja kerja Anda. Orang yang meja kerjanya berantakan cenderung memilih untuk mengonsumsi makanan tidak sehat, menurut penelitian yang dilakukan di University of Minnesota.

Seperti dirilis Women’s Health Mag dan dikutip Wolipop, penelitian tersebut ingin mengetahui bagaimana kondisi meja kerja memengaruhi pola makan. Mereka pun menganalisa 34 responden yang dibagi dalam dua grup. Kelompok pertama memiliki meja kerja yang bersih dan rapi, sementara grup kedua berantakan dan tidak teratur.

Para peneliti melakukan tes dengan beberapa cara. Salah satunya dengan menawarkan partisipan dua pilihan makanan. Mereka bebas untuk memilih antara makan apel atau sebatang permen cokelat saat keluar dari ruangan kerja.

Advertisement

Hasilnya, 67 persen responden yang berada dalam kelompok pertama memilih ngemil apel. Sedangkan di grup kedua, 80 persen responden memilih makan permen cokelat. Hal ini menunjukkan ada korelasi yang kuat antara kondisi meja kerja dengan kebiasaan makan seseorang.

Orang Rapi Pilih Makanan Sehat

Kenapa orang yang mejanya rapi dan bersih cenderung memilih makanan sehat? Para peneliti menyimpulkan, tempat dan lingkungan kerja yang terorganisir dengan baik mendorong orang untuk membuat keputusan yang lebih baik juga. Selain itu meja kerja yang rapi juga meningkatkan kreativitas seseorang.

Advertisement

Maka mulai dari sekarang, bereskanlah meja kerja Anda! Buang semua kertas-kertas yang tidak terpakai, taruh peralatan tulis di satu tempat, dokumen-dokumen di satu folder dan buku di rak meja. Atur juga laci meja Anda dan bersihkan dari barang-barang ‘tidak penting’ yang hanya akan memenuhi laci.

Selain itu, bersihkan permukaan meja dari debu dan kotoran secara berkala. Bisa menggunakan kemoceng untuk menyapu debu atau spray pembersih untuk membersihkan noda yang melekat di meja maupun peralatan kantor.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif