Sport
Senin, 19 Agustus 2013 - 20:00 WIB

Martino Ingin Menghemat Tenaga Messi

Redaksi Solopos.com  /  Hanifah Kusumastuti  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bintang Barcelona, Lionel Messi, merayakan golnya ke gawang Levante di Nou Camp, Barcelona, Senin (19/8/2013) dini hari WIB. (JIBI/Reuters/Albert Gea)

Bintang Barcelona, Lionel Messi, merayakan golnya ke gawang Levante di Nou Camp, Barcelona, Senin (19/8/2013) dini hari WIB. (JIBI/Reuters/Albert Gea)

Solopos.com, BARCELONA — Bintang Barcelona, Lionel Messi, mengalami satu hal yang tak lazim dalam kariernya bersama Bacelona di Spanyol saat timnya melumat Levante dengan skor 7-0 di Nou Camp, Barcelona, Senin (19/8/2013) dini hari WIB. Striker berjuluk La Pulga tersebut tidak tampil penuh selama 90 menit karena ditarik manajer Gerardo “Tata” Martino pada menit ke-71.

Advertisement

Bagi sebagian pemain, tidak menuntaskan laga bukan sesuatu yang aneh. Namun, kondisi itu menjadi sebuah anomali bagi Messi. Setiap dipasang sebagai di starter di La Liga, penyerang berpaspor Argentina itu tidak pernah digantikan pemain lain sejak Mei 2010 kecuali dia mengalami cedera di lapangan.

Akan tetapi kedatangan Martino di awal musim memberi angin perubahan bagi peraih gelar Ballon d’Or itu. Messi yang menyumbang dua gol di laga tersebut ditarik ke bangku cadangan dan digantikan Andres Iniesta saat pertandingan menyisakan 19 menit.

Rupanya cedera yang dialami Messi akhir-akhir ini cukup menghantui Martino. Pelatih asal Chili tidak ingin mengambil risiko besar atas kebugaran La Pulga. Tapi alasan utama Martino tidak memainkan Messi secara penuh ketika melawan Levante, dikarenakan ia tak ingin tenaga top scorer La Liga 2012/2013 itu kehabisan tenaga sebelum musim ini berakhir.

Advertisement

“Kami harus menyelamatkan beberapa pertandingan lagi. Dia sangat cerdas dan kami langsung memiliki kesepahaman dengan kebijakan ini,” beber Martino, dilansir as.com, Senin.

“Saya telah bicara dengan Leo [sapaan Messi] sejak beberapa pekan lalu dan bicara tentang peran pentingnya dan dia memahami itu menjadi istirahat yang tepat,” lanjut pelatih asal Chili.

Hal itu membuat Messi tidak memiliki banyak waktu berduet dengan bintang baru El Barca, Neymar, ketika melawan Levante. Sebab Messi ditarik keluar lapangan hanya selang tujuh menit setelah Neymar masuk menggantikan Alexis Sanchez pada menit ke-64.

Advertisement

“Neymar tiba sebagai pendatang baru tim dan tidak berlatih lama,” jelas Martino, mengungkap alasannya tidak memasang Neymar sebagai starter dalam laga debutnya di La Liga.

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif