Sport
Senin, 19 Agustus 2013 - 17:53 WIB

Kejuaraan Dunia Atletik 2013 : Bolt Raih Predikat Tersukses

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Usain Bolt. DokJIBI/Solopos/Reuters

Solopos.com, MOSKOW – Sprinter Jamaika, Usain Bolt, mengukuhkan dirinya sebagai atlet tersukses dalam sejarah Kejuaraan Dunia Atletik.
Pencapaian itu diukir Bolt seusai membawa Jamaika merebut medali emas di nomor lari estafet 4×100 meter pada Kejuaraan Dunia Atletik 2013 di Moskow, Minggu (18/8) waktu setempat.

Dengan tambahan emas lari estafet, Bolt kini mengoleksi total delapan emas dan dua perak sepanjang kariernya di Kejuaraan Dunia. Torehan ini memang setara dengan milik Carl Lewis dan Allyson Felix, yang sama-sama mengoleksi 10 medali. Namun, capain Lewis maupun Felix dengan delapan emas, satu perak dan satu perunggu, dianggap kalah mentereng dari milik Bolt.

Advertisement

Kemenangan Bolt terbaru ini juga berarti membuat namanya sejajar dengan Michael Johnson, Felix dan Lewis, yang mampu meraih delapan gelar juara dunia. Sebelumnya, Bolt juga telah mengamankan tiga nomor sprint di Kejuaraan Dunia untuk kedua kalinya.

“Ini sangat hebat. Saya akan terus mendominasi. Saya akan terus bekerja keras. Bagi saya, targetku adalah melanjutkan kebesaran,” tutur Bolt, dilansir bbc.co.uk, Senin (19/8).

Tim putra Jamaika mencatatkan waktu 37,36 detik untuk memenangi lari estafet 4×100 meter. Sementara Amerika Serikat menempati posisi kedua, diikuti Kanada, yang tampil sebagai juara ketiga, menggantikan Inggris Raya, yang terdiskualifikasi.

Advertisement

Tim Inggris Raya sebenarnya menempati finish di posisi ketiga. Namun, Inggris Raya harus kehilangan medali perunggunya setelah dianggap curang melakukan pergantian kedua pada timnya.

Kendati tim putra gagal meraih medali, namun Inggris Raya bisa tersenyum sedikit lega. Pasalnya, tim putrinya mampu membalas kekecewaan tim putra dengan meraih medali perunggu, setelah tim Prancis didiskualifikasi karena kasus serupa. Sementara posisi pertama di tim putri juga berhasil direbut Jamaika, disusul AS di posisi kedua.

Koleksi Emas Usain Bolt
Jarak 100 meter : Olimpiade 2008 dan 2012, Kejuaraan Dunia 2013
Jarak 200 meter : Olimpiade 2008 dan 2012, Kejuaraan Dunia 2009, 2011, 2013
Lari Estafet 4×100 meter : Olimpiade 2008 dan 2012, Kejuaraan Dunia 2009, 2011, 2013
Sumber : bbcsport.co.uk/yud/JIBI

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif