News
Minggu, 18 Agustus 2013 - 18:48 WIB

MUDIK LEBARAN 2013 : Dibanderol Rp500.000/Orang, Tiket KA Fakultatif Argo Dwipangga Langsung Ludes

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Solopos.com, SOLO — Tiket perjalanan kereta api (KA) fakultatif Argo Dwipangga tujuan Solo-Jakarta, Senin-Selasa (19-20/8/2013), yang dibanderol dengan harga Rp500.000/orang langsung ludes diburu calon penumpang kendati. Kereta api berkapasitas 400 penumpang itu dijadwalkan berangkat dari Stasiun Balapan Solo, setiap menjelang tengah malam, pukul 22.20 WIB.

Respons cepat masyarakat terhadap tiket kereta api nonreguler itu seolah mengonfirmasi proyeksi PT. Kereta Api Indonesia (KAI) bahwa arus balik pada musim mudik Lebaran tahun ini jauh lebih panjang ketimbang arus balik pada musim mudik Lebaran tahun lalu. “Kami tetap antisipasi lonjakan penumpang meskipun operasi angkutan Lebaran PT KAI berakhir hari ini,” kata Kepala Stasiun Balapan Solo, Rustanto, saat ditemui Solopos.com, di Stasiun Balapan Solo, Minggu (18/8/2013).

Advertisement

Rustanto mengatakan, begitu PT KAI mengumumkan perpanjangan perjalanan Argo Dwipangga Lebaran beberapa hari lalu masyarakat langsung memburu tiket arus balik tersebut. Bahkan, lanjut Rustanto, perjalanan kereta api kelas bisnis dari Stasiun Balapan Solo sudah habis hingga tanggal 25 Agustus, sementara perjalanan kereta api kelas eksekutif sudah habis hingga tanggal 21 Agustus.

Dari pantauan Solopos.com di Stasiun Balapan Solo, kepadatan calon penumpang masih cukup tinggi terlihat di ruang tunggu. Transaksi penjualan tiket di loket juga masih cukup padat. Masih banyak calon penumpang yang berusaha mencari tiket untuk perjalanan Minggu, Senin atau Selasa. “Hari Minggu ini merupakan puncak arus balik kedua khususnya untuk angkutan kereta api. Karena masih banyak yang cari tiket untuk perjalanan hari ini. Hanya saja, untuk kelas bisnis paling dekat tanggal 26 Agustus baru tersedia tiket,” imbuh Rustanto.

Terpisah, Kepala Stasiun Solo Jebres, Eksam Puji Santosa, menambahkan perjalanan kereta api Bengawan Lebaran juga diperpanjang hingga Senin (19/8/2013) ini. “Kami sudah minta perpanjangan, tetapi hanya disetujui untuk hari Senin saja. Jam perjalanannya pun tetap pagi hari pukul 10.10 WIB.”

Advertisement

Hingga Minggu sore tiket untuk perjalanan fakultatif Bengawan Lebaran juga sudah ludes. Bahkan, kereta ekonomi tujuan Jakarta, menurut Eksam, sudah habis hingga tanggal 25 Agustus.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif